Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

BERITA >> LLDikti Wilayah Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka
KEGIATAN LLDIKTI1 >> LLDikti Wilayah Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM)
PENGUMUMAN >> Pedoman Pelaksanaan Program Bantuan UKT/SPP Mahasiswa Semester Gasal T.A 2021/2022
PENGUMUMAN >> Surat Edaran Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021-2022
PENGUMUMAN >> Undangan Workshop Penatausahaan Arsip Aktif dan Inaktif
PENGUMUMAN >> Undangan Kegiatan Jurnal Online LLDikti Wilayah I
BERITA >> Pentingnya Mengangkat Potensi Inovasi dan Kearifan Lokal Melalui Kampus Merdeka
BERITA >> Dharma Wanita LLDikti Wilayah I Gelar Kegiatan Bulanan
BERITA >> 3 Fungsi Penting Judul Slide Untuk Presentasi Bisnis Dengan Pendekatan Storytelling
KEGIATAN LLDIKTI1 >> Dharma Wanita LLDikti Wilayah I Gelar Kegiatan Bulanan

Pentingnya Mengangkat Potensi Inovasi dan Kearifan Lokal Melalui Kampus Merdeka


Pentingnya Mengangkat Potensi Inovasi dan Kearifan Lokal Melalui Kampus Merdeka

  14 Sep 2021     Humas     48 Kali dibaca   

Pentingnya Mengangkat Potensi Inovasi dan Kearifan Lokal Melalui Kampus Merdeka


Kuningan (10/09/2021) – Prinsip Merdeka Belajar Kampus Merdeka yaitu mengajak kampus untuk bersinergi dengan pemerintah, dunia usaha dan industri dalam rangka meminimalisir kesenjangan kualifikasi lulusan dengan kebutuhan kerja. Selain itu, pentingnya MBKM ialah mengangkat potensi inovasi dan kearifan lokal.


Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam pada acara kuliah umum tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Inovasi, dan Kearifan Lokal di Kampus Universitas Islam Al-Ihya Kuningan pada Jumat (10/09/21).


Nizam menjelaskan, bahwa upaya tersebut didukung dengan berbagai program, salah satunya memberi keleluasaan dan kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih bidang sesuai peminatannya.


“Pentingnya kolaborasi perguruan tinggi dan industri mampu mengangkat potensi sumber daya alam yang sangat kaya di Kuningan, dari mulai pertanian, pariwisata, hingga UMKM. Hal tersebut harus dikokohkan pada penguatan digitalisasi dengan sebaik-baiknya”, ucap Nizam.


MBKM memberikan kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit, serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka minati.


Menurutnya, MBKM merupakan kebijakan Mendikbudristek yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Melalui kebijakan itu, setiap mahasiswa diajak belajar langsung cara hidup di lingkungan masyarakat dan mengenal dunia kerja sehingga bisa lebih siap mengamalkan ilmu yang didapatnya ketika kuliah.


“Ketika mahasiswa lulus, mereka tidak akan ragu lagi dengan realitas masyarakat dan dunia kerja. Kualifikasi diri dan keterampilan yang didapatkan ketika kuliah dan magang akan sejalan dengan kebutuhan dunia kerja,” tutur Nizam.


Program itu, lanjut dia, akan memacu mahasiswa untuk terus berinovasi, baik secara mandiri maupun bermitra dengan pemerintah dan dunia usaha. Secara tidak langsung, inovasi mahasiswa yang berlandaskan riset dan kajian akademik akan mengembangkan sumber daya alam, potensi, atau kearifan yang dimiliki daerahnya masing-masing.


Pada kesempatan tersebut, turut hadir Pembina Yayasan Al-Ihya Kuningan Nana Rusyana, Ketua Yayasan Al-Ihya Kuningan Barna Subarna, dan Rektor Universitas Islam Al-Ihya Kuningan Nurul Iman Hima Amrullah, beserta keluarga besar Unisa Kuningan.


Selaras yang disampaikan Nizam, Rektor Unisa Kuningan, Nurul Iman Hima Amrullah berharap kunjungan tersebut bisa memotivasi keluarga besar Unisa Kuningan untuk menjalankan tridarma perguruan tinggi dan menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.


“Kami ucapkan selamat datang di Unisa Kuningan. Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke kampus kami, mudah-mudahan kesempatan ini memacu kami untuk terus meningkatkan tridharma perguruan tinggi melalui program MBKM,” pungkas Iman.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH)


Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     156784 Kali dibaca   

2. 6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual

6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual     by Erry Ricardo Nurzal   Pandemi korona yang terus berlangsung telah memaksa dunia termasuk Indonesia untuk beralih dalam berkomunika


  29 Jun 2020     Vahrun     20944 Kali dibaca   

3. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     16983 Kali dibaca   

4. 3 Dasar Utama Desain Slide Presentasi dan 5 Ide Slide Presentasi Yang Dapat Mengesankan Audiens Anda

3 Dasar Utama Desain Slide Presentasi dan 5 Ide Slide Presentasi Yang Dapat Mengesankan Audiens Anda   by Erry Ricardo Nurzal   Sekalipun kita bukan dilahirkan untuk menjadi seoarang desainer dalam slide presentasi. Namun, merancang sl


  24 Feb 2020     Vahrun     15901 Kali dibaca   

5. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     15323 Kali dibaca