Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap T.A 2020/2021 perihal Pandemi yang berlangsung
PENGUMUMAN >> Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021
KEGIATAN PTS >> 1000 Peserta Ikuti Vaksin Massal Lintas Agama di UMSU
KEGIATAN PTS >> Kemenkes Gandeng UMSU Vaksin Covid-19 Untuk Lintas Agama
KEGIATAN PTS >> STIKes Murni Teguh Menggelar Acara Capping Day Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan dan D3 Kebidanan
PENGUMUMAN >> Undangan Peluncuran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka
BERITA >> Worskhop Perlindungan dan Bantuan Hukum bagi ASN di Lingkungan LLDikti Wilayah I Sukses digelar
KEGIATAN LLDIKTI1 >> Worskhop Perlindungan dan Bantuan Hukum bagi ASN di Lingkungan LLDikti Wilayah I Sukses digelar
KEGIATAN PTS >> Yayasan Senior Power Medan Laksanakan Audiensi Kampus Merdeka Ke Lldikti Wilayah I Sumut
PENGUMUMAN >> Pelaporan Data PDDikti Semester 2020/2021 Ganjil

Kolaborasi Ditjen Dikti dan Huawei Indonesia, Upaya Nyata Akselerasi Transformasi Pendidikan Digital


Kolaborasi Ditjen Dikti dan Huawei Indonesia, Upaya Nyata Akselerasi Transformasi Pendidikan Digital

  28 Jan 2021     Vahrun     149 Kali dibaca   



Kolaborasi Ditjen Dikti dan Huawei Indonesia, Upaya Nyata Akselerasi Transformasi Pendidikan Digital Indonesia

 

 

Jakarta – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali berkolaborasi dengan Huawei Indonesia dalam upaya akselerasi transformasi pendidikan digital Indonesia. Kolaborasi tersebut dikemas dalam sebuah webinar dengan tema menarik “Akselerasi Transformasi Digital Pendidikan Indonesia”, pada Kamis (28/01/21). Webinar digelar melalui telekonferensi dan kanal Youtube Ditjen Dikti yang dihadiri lebih dari 1000 peserta.

 

Huawei Indonesia menyediakan Cloud Meeting E-Learningplatform berbasis cloud bagi 500 perguruan tinggi Indonesia sebagai dukungan terhadap akselerasi transformasi pendidikan digital.

 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam apresiasi Huawei Indonesia atas komitmen serta kontribusi nyata dan berkelanjutan dalam mendukung transformasi pendidikan digital.

 

“Diharapkan hubungan kerja sama dengan Huawei ini dapat terus berlanjut dalam mewujudkan akselerasi transformasi pendidikan digital, serta dapat bermanfaat bagi segala pihak,” pungkas Nizam.

 

Pada kesempatan tersebut, Nizam juga menyatakan serangan pandemi Covid-19 telah mendorong akselerasi transformasi pendidikan digital. Dengan proses pembelajaran yang harus dilakukan secara jarak jauh, tentu teknologi menjadi jawaban di tengah keterbatasan. Kemendikbud sejak tahun 2000 terus berusaha mewujudkan transformasi pendidikan digital, namun perjalanannya berlangsung secara perlahan karena masih minimnya kesadaran akan pentingnya penggunaan teknologi digital dalam kurikulum. Kehadiran transformasi pendidikan digital dapat menjadi pelengkap serta memperkuat pembelajaran tatap muka.

 

“Pandemi Covid-19 menjadi batu lompatan yang membawa pada akselerasi pendidikan digital yang sangat diharapkan. Kehadiran teknologi digital yang sudah lama, Kemendikbud terus berupaya sejak tahun 2000 untuk mewujudkan transformasi pendidikan digital, perlu disadari transformasi pendidikan digital hadir bukan untuk menggantikan proses belajar tatap muka, namun melengkapi serta memperkuat,” kata Nizam.

 

Eksistensi teknologi digital saat ini serta banyaknya bermunculan generasi dengan talenta digital, literasi digital menjadi kebutuhan insan pendidikan tinggi. Indonesia memiliki potensi untuk melahirkan talenta di bidang teknologi. Besar harapannya talenta-talenta ini dapat melahirkan unicorn baru serta turut andil memperkuat ekonomi Indonesia mewujudkan abad Asia.

 

President Huawei Cloud & AI Indonesia Business Development, Jason Zhang, apresiasi Ditjen Dikti Kemendikbud atas kerjasama yang dilakukan dalam bersama-sama wujudkan akselerasi pendidikan.

 

“Memahami pentingnya pendidikan sebagai pondasi kemajuan masa depan, berkolaborasi dengan pemerintah, akademia dan komunitas, kami akan terus melakukan alih pengetahuan dan teknologi sebagai wujud dari komitmen berkelanjutan kami untuk Indonesia. Terima kasih atas kerjasama dengan Dikti yang terus dilakukan. Kerja sama ini selaras dengan komitmen Huawei Indonesia untuk tetap memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa dan negeri ini,” kata Jason.

 

Webinar hasil kerja sama Ditjen Dikti Kemendikbud dan Huawei ini dilanjutkan dengan sesi diskusi panel yang menghadirkan beberapa pembicara antara lain Richardus Eko Indrajit dari Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM), pakar teknologi pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta Uwes Anis Chaeruman, Marketing & Senior Product Manager Huawei Indonesia Ivan Raditya Tanumiharja, dan dosen Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang, Adi Nur Cahyono.
(YH/DZI/FH/DH/NH/FAN/DON/RAH)

 

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

Laman : www.dikti.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Dikti
E-Magz Google Play : G-Magz

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     145772 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     16085 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     13857 Kali dibaca   

4. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     10887 Kali dibaca   

5. 6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual

6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual     by Erry Ricardo Nurzal   Pandemi korona yang terus berlangsung telah memaksa dunia termasuk Indonesia untuk beralih dalam berkomunika


  29 Jun 2020     Vahrun     10323 Kali dibaca