Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap T.A 2020/2021 perihal Pandemi yang berlangsung
PENGUMUMAN >> Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021
KEGIATAN PTS >> 1000 Peserta Ikuti Vaksin Massal Lintas Agama di UMSU
KEGIATAN PTS >> Kemenkes Gandeng UMSU Vaksin Covid-19 Untuk Lintas Agama
KEGIATAN PTS >> STIKes Murni Teguh Menggelar Acara Capping Day Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan dan D3 Kebidanan
PENGUMUMAN >> Undangan Peluncuran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka
BERITA >> Worskhop Perlindungan dan Bantuan Hukum bagi ASN di Lingkungan LLDikti Wilayah I Sukses digelar
KEGIATAN LLDIKTI1 >> Worskhop Perlindungan dan Bantuan Hukum bagi ASN di Lingkungan LLDikti Wilayah I Sukses digelar
KEGIATAN PTS >> Yayasan Senior Power Medan Laksanakan Audiensi Kampus Merdeka Ke Lldikti Wilayah I Sumut
PENGUMUMAN >> Pelaporan Data PDDikti Semester 2020/2021 Ganjil

Perkuat Transformasi Pendidikan Melalui Kegiatan Incoepp 2021


Perkuat Transformasi Pendidikan Melalui Kegiatan Incoepp 2021

  26 Jan 2021     Vahrun     265 Kali dibaca   



Perkuat Transformasi Pendidikan Melalui Kegiatan Incoepp 2021

 

 

Jakarta – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Dikti (Ditjen Dikti) mendukung langkah yang dilakukan perguruan tinggi dalam melakukan transformasi pendidikan. Salah satunya kegiatan INCoEPP (The International Conference on Education) yang diselenggarakan Universitas PGRI Palembang 2021 pada Senin, (25/01/21). INCoEPP merupakan acara yang mewadahi para peneliti, ilmuwan, praktisi pendidikan, dan siswa dalam berdiskusi terkait ide-ide inovatif di bidang pendidikan.

 

Pendidikan memiliki andil besar dalam pembangunan bangsa. Didukung dengan kemajuan teknologi yang pesat, tentu pendidikan membutuhkan berbagai inovasi segar sesuai dengan pekembangan zaman. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam, menuturkan dengan berbagai kemajuan teknologi, semangat gotong royong serta Merdeka Belajar Kampus Merdeka dapat terwujud transformasi pendidikan dengan terjalinnya kolaborasi industri dan universitas.

 

“Dalam mewujudkan berbagai tranformasi pendidikan yang didukung dengan kemajuan teknologi, diperlukan kerja sama antara universitas dengan industri, maka melalui beberapa program kita dapat mempersiapkan kehidupan masa mendatang. Dengan semangat gotong royong Kampus Merdeka dan Merdeka Balajar dapat wujudkan kolaborasi industri dan universitas,” ujar Nizam.

 

Melalui Kampus Merdeka mahasiswa diberikan keleluasaan untuk mengambil mata kuliah di luar program studinya. Program ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa mengambil mata kuliah berbasis teknologi atau berkaitan dengan Internet of Things (IoT). Hal ini diharapkan mampu mendorong transformasi pendidikan secara digital.

 

Akselerasi transformasi pendidikan secara digital menjadi tugas bersama dalam menyadari akan pentingnya penggunaan teknologi digital dalam kurikulum. Dalam hal ini, Nizam menuturkan bahwa dampak transformasi digital diantaranya membawa makna baru dari pekerjaan dan tempat kerja terhadap pentingnya memperdalam keahlian berbasis teknologi, inovasi di bidang ekonomi, pemberdayaan individu melalui berbagai kegiatan yang dapat dilakukan secara daring melalui teknologi.

 

Sejalan dengan transformasi pendidikan secara digital melalui Kampus Merdeka, INCoEPP mengusung tema “Innovative, Collaborative, Planning Research to Face Digital Education Transformation”. Diharapkan melalui konferensi INCoEPP ini banyak temuan baru yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, serta terjalinnya kerja sama dengan lembaga pendidikan Internasional.

 

“Harapannya terlahir berbagai kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia yang bekerja sama dengan lembaga pendidikan Internasional. Semoga konferensi INCoEPP ini memiliki banyak manfaat yang dihasilkan, bagi dunia, Indonesia dan khususnya Sumatera Selatan,” tutur Ahmad Yulianto, Ketua PGRI Sumatera Selatan.

 

Konferensi INCoEPP diselenggarakan dalam dua periode, yaitu periode pertama pada 25-26 Januari 2021 & periode kedua pada 27-28 Januari 2021.


Pada konferensi periode ini selain Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam, sebagai pembicara, juga terdapat 4 pembicara lainnya, Leadership and Public Speaking Trainer, Julie Simon Macariola, Phd., Mathematics and Reseacher, Zulqurnain Sabir, Science of Education Universitas Bengkulu Indonesia, Muhammad Kristiawan dan Applied Linguistics Mahidal University Thailand, David D. Perrodin. Selain itu, Konferensi INCoEPP mengundang para peneliti seluruh dunia untuk mempresentasikan temuan terbaru terkait inovasi di bidang pendidikan.
(YH/DZI/FH/DH/NH/FAN/DON/RAH)

 

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     145769 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     16084 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     13856 Kali dibaca   

4. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     10887 Kali dibaca   

5. 6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual

6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual     by Erry Ricardo Nurzal   Pandemi korona yang terus berlangsung telah memaksa dunia termasuk Indonesia untuk beralih dalam berkomunika


  29 Jun 2020     Vahrun     10321 Kali dibaca