Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> (REVISI) Undangan Penyerahan Sertifikat Pendidik Dosen PNS DPK dan Dosen Tetap Yayasan
PENGUMUMAN >> Undangan Workshop Tata Kelola Keuangan Perguruan Tinggi
PENGUMUMAN >> Penyampaian Laporan Pencairan Dana Bantuan UKT/SPP Tahun 2020 (Revisi)
PENGUMUMAN >> Usul Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta serta Pembukaan Program Studi Tahun 2021
PENGUMUMAN >> Pembaruan Data PDDikti
PENGUMUMAN >> Undangan Pertemuan Klarifikasi
PENGUMUMAN >> Sosialisasi Program Bangkit
KEGIATAN PTS >> Program Internship STIKes Santa Elisabeth Medan ke Jepang Tahun 2020/2021
KEGIATAN PTS >> Program Government to Government (G to G) STIKes Santa Elisabeth Medan
KEGIATAN PTS >> Mahasiswa FP UMSU Juara Dua Kompetisi Bioteknologi Internasional

Peduli Pilkada UMSU Raih Penghargaan KPU Sumut


Peduli Pilkada UMSU Raih Penghargaan KPU Sumut

  15 Dec 2020     Vahrun     227 Kali dibaca   



Peduli Pilkada UMSU Raih Penghargaan KPU Sumut

 

 

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara meraih penghargaan dari Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara sebagai perguruan tinggi peduli pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan serentak 23 Kabupaten/Kota daerah ini.

 

Penghargaan Peduli Pilkada diserahkan langsung Ketua KPU Sumut, Herdensi, S.Sos, MSP kepada Rektor UMSU, Assoc. Prof. Dr. Agussani, MAP di aula kampus Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Jumat (11/12). Hadir Anggota Komisioner KPU Sumut, Syafrial Syah, SE, MSi, Yulhasni, SS, MSi, Sekertaris KPU Sumut, Irwan Zuhdi Siregar. Turut Hadir, Wakil Rektor I, Assoc. Prof. Dr. Muhammad Arifin Gultom, SH, M.Hum, WR II, Assoc. Prof. Dr. Akrim, SPdI, MPd, WR III, Dr Rudianto, MSi, Sekertaris Universitas, Gunawan, SPdI, MTH dan para dekanat se UMSU. Penghargaan serupa juga diberikan kepada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMSU yang terlibat langsung dalam berbagai program sosialisasi dan edukasi pemilih.

 

Ketua KPU Sumut, Herdensi, S.Sos, MSP mengatakan, penghargaan pantas diberikan kepada UMSU serta FISIP karena kepedulian yang tinggi dalam mensukseskan pemilihan kepala daerah serenrak di 23 kabupaten/ kota di Sumut lewat berbagai kreasi dan aktifitas. UMSU telah ikut berperan dalam mendorong partisipasi aktif pemilih lewat sosialisasi dan memberikan edukasi untuk tidak takut datang ke TPS

 

Lebih lanjut Herdensi mengungkapkan, bahwa awalnya banyak pihak yang meragukan pelaksanaan Pilkada serentak kali ini berjalan lancar, karena salah satunya dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Bahkan, ada anggapan pilkada akan menimbulkan klaster baru penyebaran virus corona.

 

“Tetapi keraguan itu terjawab. Alhamdulillah Pilkada berjalan baik. Masyarakat ternyata taat dan patuh melaksanakan protokol kesehatan saat pencoblosan,” ujarnya.

 

Menurut Herdensi, salah satu pihak yang memberikan pendidikan politik terkait kepatuhan itu salah satunya UMSU. Pendidikan terhadap pemilih yang salah satunya kampanye ‘Jangan Takut ke TPS’, kata Herdensi, sangat membantu.


“Makanya layak kami beri apresiasi. Mudah-mudahan UMSU terus mendukung dan melanjutkan pendidikan politiknya hingga tahapan pilkada selesai,” tegasnya.

 

Kemudian Rektor UMSU Dr. Agussani menyambut baik penghargaan dari KPU Sumut tersebut.
“Terima kasih atas spontanitas ini. Kami senang mendapat penghargaan ini. Apresiasi ini harus kami syukuri dan kami jadikan sebagai motivasi untuk lebih baik dan terus berkomitmen untuk memberi kontribusi demi kemajuan daerah dan bangsa,” ujarnya.

 

Menurut Rektor, UMSU juga bangga soal kepatuhan masyarakat, baik dari aspek waktu pelaksanaan pencoblosan maupun ketaatan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid 19. Keberhasilan KPU Sumut ini tak terlepas dari tata kelola institusi di KPU dan jajarannya.

 

Dalam mendukung pelaksanaan Pilkada 2020 ini, Rektor memaparkan pihaknya memang terus membuka ruang seluas-luasnya kepada semua civitas akademika UMSU untuk berpartisipasi aktif menyukseskan Pilkada serentak di masa Pandemi Covid 19. Memfasilitasi berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, dan diskusi yang berkaitan dengan Pilkada serentak 2020.

 

Selain itu, kata Agussani, UMSU juga merestui dosen-dosennya yang diberi amanah dan terlibat aktif sebagai Tim Panelis Penyusun Pertanyaan Debat Publik Pilkada Serentak yang diselenggarakan KPU kabupaten/kota. Termasuk beberapa dosennya dipercaya menjadi moderator debat publik pilkada serentak yang diselenggarakan KPU kabupaten/kota.
“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan, dapat membantu kesuksesan Pilkada serentak di masa Pandemi Covid 19 ini,” tegasnya.

 

Sebelumnya Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh Siregar menyampaikan apresiasi kepada KPU yang juga telah memberikan penghargaan kepada FISIP yang menjalankan berbagai aktifitas dalam mendukung sukses Pilkada di Sumut.

 

Dia menyampaikan, pihaknya melakukan berbagai kegiatan dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. Di antaranya, diskusi, webinar nasional “Jangan Takut ke TPS” menghadirkan pembicara KPU RI Pramono, survei terkait partisipasi pemilih dan persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan Pilkada di masa pandemi Covid-19.
Kemudian sosialisasi melalui flyer sukseskan pilkada dengan jargon Ayo Jangan Takut ke TPS yang disebar melalui akun sosial media semua civitas akademika FISIP UMSU.

 

Selain itu, FISIP juga melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa menurunkan dosen dan mahasiwa sebagai relawan pemantau/pengawas di TPS masing-masing

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     136030 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     15473 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     12714 Kali dibaca   

4. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     10497 Kali dibaca   

5. Usulan Bantuan UKT/SPP Tahun 2020

Perihal : Usulan Bantuan UKT/SPP Tahun 2020   Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swastadi Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I   Menindaklanjuti Surat Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Nomor 0702/J5/BP/2020 tanggal 3


  09 Jul 2020     Vahrun     7748 Kali dibaca