Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> (REVISI) Undangan Penyerahan Sertifikat Pendidik Dosen PNS DPK dan Dosen Tetap Yayasan
PENGUMUMAN >> Undangan Workshop Tata Kelola Keuangan Perguruan Tinggi
PENGUMUMAN >> Penyampaian Laporan Pencairan Dana Bantuan UKT/SPP Tahun 2020 (Revisi)
PENGUMUMAN >> Usul Pendirian dan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta serta Pembukaan Program Studi Tahun 2021
PENGUMUMAN >> Pembaruan Data PDDikti
PENGUMUMAN >> Undangan Pertemuan Klarifikasi
PENGUMUMAN >> Sosialisasi Program Bangkit
KEGIATAN PTS >> Program Internship STIKes Santa Elisabeth Medan ke Jepang Tahun 2020/2021
KEGIATAN PTS >> Program Government to Government (G to G) STIKes Santa Elisabeth Medan
KEGIATAN PTS >> Mahasiswa FP UMSU Juara Dua Kompetisi Bioteknologi Internasional

Kontribusi _Learning Management System_ SPADA Dikti dalam ASEAN Quiz


Kontribusi _Learning Management System_ SPADA Dikti dalam ASEAN Quiz

  18 Dec 2020     Vahrun     211 Kali dibaca   



Kontribusi _Learning Management System_ SPADA Dikti dalam ASEAN Quiz

 

 

Jakarta – Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) kian memperluas kontribusinya. Pasalnya, ASEAN Quiz level nasional di tahun ini menggunakan Learning Management System (LMS) SPADA Dikti untuk Uji Penggunaan.

 

ASEAN Quiz ini sendiri merupakan kuis terkait segala informasi dan pengetahuan seputar ASEAN yang rutin diadakan setiap tahun oleh Sekretariat ASEAN. Sementara itu, pada tahun 2020 ini, kedua lomba yang ada pada ASEAN Quiz yakni tingkat regional dan nasional, terpaksa diubah ke dalam metode daring dengan delegasi tiap negara diwakili oleh tiga murid dan satu guru. Tahun ini Indonesia berhasil menduduki juara satu pada ASEAN Quiz – Regional level dengan nilai 1,900 dan berhasil menyusul Singapura dan Brunei Darussalam yang menduduki peringkat runner up. ASEAN Quiz tahun ini diselenggarakan pada 17 Desember 2020.

 

“Ini merupakan momentum baik yang menunjukkan peran SPADA kepada masyarakat secara lebih luas. Ke depannya, diharapkan penggunaan SPADA dapat lebih dioptimalkan lagi agar manfaatnya lebih terasa,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam pada Kamis (17/12).

 

Menurut Nizam, kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat laman SPADA secara keseluruhan serta sebagai langkah mengembangkan wadah pembelajaran yang diproduksi oleh negeri sendiri. Perguruan tinggi dan mahasiswa dapat memanfaatkan SPADA sebaik mungkin terkait konten belajar yang telah disediakan di laman tersebut maupun menggunakan LMS untuk uji lainnya. Dengan begitu, manajemen pembelajaran daring milik negeri dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

 

Di sisi lain, Sesditjen Dikti Paristiyanti Nurwardani, dengan adanya hasil tersebut mengatakan bahwa ini merupakan hasil kerja keras, integritas, dedikasi, dan kinerja yg luar biasa dari Tim TIK, khususnya di Setditjen Dikti dan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang mengembangkan SPADA.

 

Sementara itu, Yusep Romansyah, penanggung jawab LMS SPADA Dikti mengungkapkan bahwa LMS SPADA Dikti digunakan dalam proses seleksi sekaligus Uji Penggunaan untuk ASEAN QUIZ – National Level dimana pesertanya ialah seluruh SMA/SMK di Indonesia. Pada kuis ini, penanggung jawab, penyeleksi, dan pengirim delegasi Indonesia adalah dari PUSKI Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

“LMS SPADA DIKTI sejak awal Desember ini sedang melakukan berbagai pengujian jadi kami gunakan momen ASEAN Quiz tingkat nasional Indonesia untuk Uji Penggunaan,” jelas Yusep.

 

Meskipun penggunaan LMS SPADA Dikti dalam ASEAN Quiz ini dilakukan secara mendadak dan jumlah peserta yang tidak banyak, namun Yusep mengaku dari sisi Uji Beban, sudah dapat mewakili. Berkenaan dengan hal ini, Yusep juga menyampaikan bahwa sejak tahun 2015, PUSKI telah bekerja sama dengan SKACI Foundation (Yayasan ACI) dan Institut Teknologi Bandung dalam menyeleksi delegasi Indonesia dan menyelenggarakan lomba di tingkat nasional.
(YH/DZI/FH/DH/NH/VAL)

 

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     136033 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     15473 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     12714 Kali dibaca   

4. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     10497 Kali dibaca   

5. Usulan Bantuan UKT/SPP Tahun 2020

Perihal : Usulan Bantuan UKT/SPP Tahun 2020   Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swastadi Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I   Menindaklanjuti Surat Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Nomor 0702/J5/BP/2020 tanggal 3


  09 Jul 2020     Vahrun     7748 Kali dibaca