Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

BERITA >> Tahukah Anda 3 Manfaat Contoh Sebagai Bukti Presentasi Bagi Audiens Anda ?
BERITA >> Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H
PENGUMUMAN >> Batas Pelaporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Semester 2020-1
BERITA >> 3 Manfaat Pertanyaan Untuk Persiapan dan Penyampaian Presentasi Bagi Anda
KEGIATAN PTS >> Politeknik WBI Tandatangani Nota Kesepahaman Fokus Kembangkan Pendidikan Kewirausahaan
KEGIATAN LLDIKTI1 >> Prestasi PTS Mendorong Ketercapaian IKU LLDikti Wilayah I, UMSU dijadikan Kampus Model
PENGUMUMAN >> Undangan Sosialisasi Jenjang Pendidikan Tinggi
PENGUMUMAN >> Pendanaan PKM Tahun 2021 - DIKTI
PENGUMUMAN >> Pengumuman Pelaksanaan Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2021
PENGUMUMAN >> Pengumuman Pelaksanaan LIDM 2021

UMSU Juara PKM Antar PTM se Indonesia


UMSU Juara PKM Antar PTM se Indonesia

  01 Nov 2020     Vahrun     256 Kali dibaca   



Tim UMSU Juara PKM Antar PTM se Indonesia

 

 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sukses menjuarai Kompetisi Mahasiswa Muhammadiyah (KKM) dan Program Kreativitas Mahasiswa Muhammadiyah (PKMM) se Indonesia yang digelar di Universitas Muhammadiyah Magelang.

 

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, capaian prestasi yang diraih mahasiswa yang tergabung dalam Tim Polemon terasa membanggakan, sekaligus mengharukan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

 

"Saya merasa bangga dengan karya inovasi mahasiswa yang telah memgharumkan nama UMSU di tingkat nasional. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh yim yang telah bekerja keras demi tercapainya prestasi yang sangat luar biasa ini," ungkap Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP yang didampingi, Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Arifin, SH, M Hum, WR II, Dr Akrim, SPdI, MPd, WR III, Dr Rudianto, MSi, Sekertaris Universitas, Gunawan, SPdI, MTH, di Medan, Minggu (1/11).

 

Ketua Student's Research and Creativity Center (SRCC) UMSU , Fatimah Sari Siregar M.Hum menjelaskan, karya mahasiswa UMSU yang diberi nama Polemon (portable leafhopper trap technology with feromon) berhasil menarik perhatian juri sehingga mendapatkan angka penilaian tertinggi dan berhak menduduki peringkat pertama. " "Polemon berhasil menyingkirkan karya-karya inovasi mahasiswa dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah lainnya," katanya.

 

Dijelaskan, Polemon yang merupakan inovasi baru produk perangkap hama wereng batang coklat (Nilaparvata lugens) dinilai efektif dan efisiean dalam mengoptimalkan hasil panen tanaman padi. Tim Polemon terdiri dari , Ketua Eqy Astanza ( Agribisnis) anggota, Wahyudi (Teknik Elektro) dan Witri Aulia (Agriteknologi) dan Dosen pendamping Rini Susanti,S.P,M.P.

 

Lebih lanjut, Polemon itu adalah alat perangkap yg ditujukan untuk mengendalikan hama wereng batang coklat, didesain portable yang bertujuan untuk memudahkan petani bisa dibawa kemana saja, dilengkapi dengan cahaya lampu kuning yang berfungsi untuk menarik perhatian hama wereng. Selain itu juga dilengkapi dengan cairan feromon (feromon adalah zat kimia yg dibuat dari ekstrak nanas) karena pada buah nanas memiliki senyawa kimia yang disukai hama wereng.

 

"Alat ini jika ditekan tombol power akan otomosi menyemprotkan cairan feromon tersebut selama 10 menit sekali," katanya.

 

Ide awal polemon ini, jelasnya, ketika menjadi finalis di Pimnas 31 Yogyakarta, Tahun 2018. karena ada alat yg sejenis tetapi hanya menggunakan cahaya lampu.

 

"Disini kami mengkombinasi dengan feromon. Dan ternyata feromon itu bisa dijadikan penarik hama untuk mendekat," tambah Ketua Tim Polemon, Eqy Astanza ( Agribisnis).

 

Disamping itu jelas Eqy, melihat tanaman padi yg gagal panen, ternyata kebanyakan juga disebabkan hama wereng batang coklat. Dari keluhan para petani itulah kemudian diciptakan alat pembasmi hama yang ramah lingkungan.

 

Eqy berharap, sebagai ketua tim, kedepan alat ini bisa dipatenkan, dan bisa dibuat secara massal. Kendala saat ini, pembuatan dan bahan yg digunakan termasuk tidak murah dan harus benar-benar teliti," katanya

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     148570 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     16294 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     14209 Kali dibaca   

4. 6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual

6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual     by Erry Ricardo Nurzal   Pandemi korona yang terus berlangsung telah memaksa dunia termasuk Indonesia untuk beralih dalam berkomunika


  29 Jun 2020     Vahrun     11446 Kali dibaca   

5. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     11062 Kali dibaca