Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

KEGIATAN LLDIKTI1 >> BAHAN NARASUMBER RAKERWIL LLDIKTI WILAYAH I TAHUN 2020
PENGUMUMAN >> Pengumuman Penutupan Penertiban Rekomendasi Pendirian, Perubahan dan Pembukaan Program Studi
PENGUMUMAN >> Undangan Video Conference FGD Manajemen Persiapan Sarana dan Prasarana Kearsipan
PENGUMUMAN >> Undangan Video Conference FGD Pengelolaan Keprotokolan Bagi Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Institut
PENGUMUMAN >> Undangan Video Conference FGD Pengelolaan Keprotokolan Bagi Universitas dan Akademik
PENGUMUMAN >> Undangan Peserta Coaching Clinic Penyusunan Instrumen 9 (Sembikan) Kriteria
KEGIATAN PTS >> STMIK-STIE Mikroskil Sukses Menyelenggarakan Acara Wisuda untuk 772 Wisudawan secara Daring
PENGUMUMAN >> [UPDATE] RAKERWIL LLDikti Wilayah I Tahun 2020 dengan tema "Kampus Merdeka Thn 2021 PTS Sumut Jaya"
PENGUMUMAN >> Permohonan Ijin Melakukan Pengisian Kuesioner dan Wawancara
PENGUMUMAN >> Undangan Sosialisasi Pendaftaran Kedaireka dan Peluang Matching Fund

UMSU Juara PKM Antar PTM se Indonesia


UMSU Juara PKM Antar PTM se Indonesia

  01 Nov 2020     Vahrun     125 Kali dibaca   



Tim UMSU Juara PKM Antar PTM se Indonesia

 

 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sukses menjuarai Kompetisi Mahasiswa Muhammadiyah (KKM) dan Program Kreativitas Mahasiswa Muhammadiyah (PKMM) se Indonesia yang digelar di Universitas Muhammadiyah Magelang.

 

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, capaian prestasi yang diraih mahasiswa yang tergabung dalam Tim Polemon terasa membanggakan, sekaligus mengharukan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

 

"Saya merasa bangga dengan karya inovasi mahasiswa yang telah memgharumkan nama UMSU di tingkat nasional. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh yim yang telah bekerja keras demi tercapainya prestasi yang sangat luar biasa ini," ungkap Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP yang didampingi, Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Arifin, SH, M Hum, WR II, Dr Akrim, SPdI, MPd, WR III, Dr Rudianto, MSi, Sekertaris Universitas, Gunawan, SPdI, MTH, di Medan, Minggu (1/11).

 

Ketua Student's Research and Creativity Center (SRCC) UMSU , Fatimah Sari Siregar M.Hum menjelaskan, karya mahasiswa UMSU yang diberi nama Polemon (portable leafhopper trap technology with feromon) berhasil menarik perhatian juri sehingga mendapatkan angka penilaian tertinggi dan berhak menduduki peringkat pertama. " "Polemon berhasil menyingkirkan karya-karya inovasi mahasiswa dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah lainnya," katanya.

 

Dijelaskan, Polemon yang merupakan inovasi baru produk perangkap hama wereng batang coklat (Nilaparvata lugens) dinilai efektif dan efisiean dalam mengoptimalkan hasil panen tanaman padi. Tim Polemon terdiri dari , Ketua Eqy Astanza ( Agribisnis) anggota, Wahyudi (Teknik Elektro) dan Witri Aulia (Agriteknologi) dan Dosen pendamping Rini Susanti,S.P,M.P.

 

Lebih lanjut, Polemon itu adalah alat perangkap yg ditujukan untuk mengendalikan hama wereng batang coklat, didesain portable yang bertujuan untuk memudahkan petani bisa dibawa kemana saja, dilengkapi dengan cahaya lampu kuning yang berfungsi untuk menarik perhatian hama wereng. Selain itu juga dilengkapi dengan cairan feromon (feromon adalah zat kimia yg dibuat dari ekstrak nanas) karena pada buah nanas memiliki senyawa kimia yang disukai hama wereng.

 

"Alat ini jika ditekan tombol power akan otomosi menyemprotkan cairan feromon tersebut selama 10 menit sekali," katanya.

 

Ide awal polemon ini, jelasnya, ketika menjadi finalis di Pimnas 31 Yogyakarta, Tahun 2018. karena ada alat yg sejenis tetapi hanya menggunakan cahaya lampu.

 

"Disini kami mengkombinasi dengan feromon. Dan ternyata feromon itu bisa dijadikan penarik hama untuk mendekat," tambah Ketua Tim Polemon, Eqy Astanza ( Agribisnis).

 

Disamping itu jelas Eqy, melihat tanaman padi yg gagal panen, ternyata kebanyakan juga disebabkan hama wereng batang coklat. Dari keluhan para petani itulah kemudian diciptakan alat pembasmi hama yang ramah lingkungan.

 

Eqy berharap, sebagai ketua tim, kedepan alat ini bisa dipatenkan, dan bisa dibuat secara massal. Kendala saat ini, pembuatan dan bahan yg digunakan termasuk tidak murah dan harus benar-benar teliti," katanya

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     129282 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     15180 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     11314 Kali dibaca   

4. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     10211 Kali dibaca   

5. Usulan Bantuan UKT/SPP Tahun 2020

Perihal : Usulan Bantuan UKT/SPP Tahun 2020   Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swastadi Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I   Menindaklanjuti Surat Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Nomor 0702/J5/BP/2020 tanggal 3


  09 Jul 2020     Vahrun     6953 Kali dibaca