Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

KEGIATAN LLDIKTI1 >> BAHAN NARASUMBER RAKERWIL LLDIKTI WILAYAH I TAHUN 2020
PENGUMUMAN >> Pengumuman Penutupan Penertiban Rekomendasi Pendirian, Perubahan dan Pembukaan Program Studi
PENGUMUMAN >> Undangan Video Conference FGD Manajemen Persiapan Sarana dan Prasarana Kearsipan
PENGUMUMAN >> Undangan Video Conference FGD Pengelolaan Keprotokolan Bagi Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Institut
PENGUMUMAN >> Undangan Video Conference FGD Pengelolaan Keprotokolan Bagi Universitas dan Akademik
PENGUMUMAN >> Undangan Peserta Coaching Clinic Penyusunan Instrumen 9 (Sembikan) Kriteria
KEGIATAN PTS >> STMIK-STIE Mikroskil Sukses Menyelenggarakan Acara Wisuda untuk 772 Wisudawan secara Daring
PENGUMUMAN >> [UPDATE] RAKERWIL LLDikti Wilayah I Tahun 2020 dengan tema "Kampus Merdeka Thn 2021 PTS Sumut Jaya"
PENGUMUMAN >> Permohonan Ijin Melakukan Pengisian Kuesioner dan Wawancara
PENGUMUMAN >> Undangan Sosialisasi Pendaftaran Kedaireka dan Peluang Matching Fund

FAI UMSU Gandeng Goethe, Jerman


FAI UMSU Gandeng Goethe, Jerman

  29 Oct 2020     Vahrun     101 Kali dibaca   



FAI UMSU Gandeng Goethe, Jerman

 

Fakultas Agama Islam mengundang Prof Arndt Graf, dari Departmen Asia Tenggara, Universitas Goethe - Frankfurt, Germany sebagai pembicara dalam kuliah umum bertajuk, "Revolusi Industri ke 4, dan Studi tentang Indonesia dan Malaysia".

 

Kuliah umum yang dilaksanakan secara daring, Kamis (29/10) dibuka Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP. Sebagai dosen pembanding, hadir Dekan FAI, Dr Muhammad Qorib, MA dan Wakil Dekan 1, Zailani, MA.

 

Rektor dalam sambutannya mengatakan, acara kuliah umum yang menghadirkan para pakar dari universitas internasional ternama sebagai bentuk komitmen untuk menjawab visi UMSU 2033. Kegiatan ini juga sebagai upaya UMSU untuk lebih memberikan wawasan global dan pengalaman kepada para dosen untuk berbicara terkait persoalan yang dihadapi dunia internasional.

 

Dia memberikan apresiasi kepada FAI yang cukup respon dalam menjawab perkembangan dan tantangan untuk terlibat dan aktif menjawab persoalan yang tidak hanya di lingkup lokal dan nasional, tapi juga persoalan global. Sudah seharusnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat melahirkan inovasi dan semangat untuk membangun kolaborasi dengan universitas di lingkup internasional.

 

"Kegiatan ini juga jadi bukti kerjasama UMSU dan Goethe, Jerman bukan hanya di atas kertas. Banyak peluang kerjasama yang bisa ditindaklanjuti sebagaimana dilakukan Fakultas Agama Islam yang bisa bertukar wawasan dan pengalaman dalam hal ini tentang Indonesia dan Malaysia dilihat dari perspektif Barat," katanya.

 

Dijelaskan, kehadiran Prof Arndt Graf sebagai pembicara dalam kuliah umum yang digelar FAI memberikan informasi terkini mengenai Melayu dan Revolusi Industri ke 4 dalam konteks Asia Tenggara. Informasi ini menarik karena UMSU sejak setahun lalu juga telah mendirikan Pusat Kajian Budaya Melayu.

 

"Kegiatan kuliah umum yang menghadirkan pakar internasional, dalam hal ini Goethe, Jerman sekaligus membantu UMSU untuk menyambung silaturahim serta dialog yang diharapkan bisa terua dikembangkan dengan kilaborasi penelitian dan penerbitan jurnal ilmiah," katanya.

 

Sementara itu, Dekan FAI, Dr. Muhammad Qorib yang juga dikenal sebagai aktifis perdamaian dan pernah menjadi salah satu anggota delegasi Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban di Roma, Italia ini mengatakan, acara yang menghadirkan pakar internasional membuka kesempatan untuk membangun dialog tentang perdamaian.

 

"Kegiatan ini sekaligus untuk pengembangan dialog perdamaian dan tanpa kekerasan antara Timur dan Barat," katanya.

 

Acara kuliah daring yang menghadirkan pakar internasional ini cukup menyedot perhatian. Ada 300 peserta yang hadir terdiri dari mahasiswa, dosen dan pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah Di Indonesia.

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     129282 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     15180 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     11313 Kali dibaca   

4. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     10211 Kali dibaca   

5. Usulan Bantuan UKT/SPP Tahun 2020

Perihal : Usulan Bantuan UKT/SPP Tahun 2020   Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swastadi Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I   Menindaklanjuti Surat Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Nomor 0702/J5/BP/2020 tanggal 3


  09 Jul 2020     Vahrun     6953 Kali dibaca