Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

BERITA >> Tahukah Anda 3 Manfaat Contoh Sebagai Bukti Presentasi Bagi Audiens Anda ?
BERITA >> Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H
PENGUMUMAN >> Batas Pelaporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Semester 2020-1
BERITA >> 3 Manfaat Pertanyaan Untuk Persiapan dan Penyampaian Presentasi Bagi Anda
KEGIATAN PTS >> Politeknik WBI Tandatangani Nota Kesepahaman Fokus Kembangkan Pendidikan Kewirausahaan
KEGIATAN LLDIKTI1 >> Prestasi PTS Mendorong Ketercapaian IKU LLDikti Wilayah I, UMSU dijadikan Kampus Model
PENGUMUMAN >> Undangan Sosialisasi Jenjang Pendidikan Tinggi
PENGUMUMAN >> Pendanaan PKM Tahun 2021 - DIKTI
PENGUMUMAN >> Pengumuman Pelaksanaan Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2021
PENGUMUMAN >> Pengumuman Pelaksanaan LIDM 2021

Kepala LLDikti Minta UMSU Jadi Pionir Membantu Performa PTS Sumut


Kepala LLDikti Minta UMSU Jadi Pionir Membantu Performa PTS Sumut

  28 Nov 2020     Vahrun     362 Kali dibaca   



Kepala LLDikti Minta UMSU Jadi Pionir Membantu Performa PTS Sumut

 

 

Medan, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah I Sumatera Utara Prof Dr Ibnu Hajar MSi  menyamapaikan apresiasi terhadap prestasi dan kemajuan yang diraih UMSU  yang sekarang menjadi PTS terbaik di Sumut, bahkan menjadi satu-satunya PTS yang meraih Akreditasi A di Sumatera.


Menurutnya, membangun lembaga pendidikan itu tidak serta-merta seperti membalik telapak tangan. Capain prestasi yang diraih UMSU sekarang ini tentu telah melalui perencanaan, kerja keras dan perjuangan yang sangat panjang.

 

“Lazimnya, sebuah lembaga pendidikan yang hebat itu tidak cukup hanya mengandalkan infrastruktur atau hard-ware saja, tapi harus ditopang oleh soft-ware yang mumpuni dan brain-ware yang cemerlang,” sebutnya saat tampil sebagai pemateri dalam acara Kuliah Perdana Pascasarjana UMSU Tahun Akademik 2020-2021 yang dilaksanakan secara virtual, Jum’at (23/10/2020)


Dalam kesempatan itu, Ibnu Hajar menegaskan, bahwa layanan pendidikan tinggi khususnya di Sumut harus terus dibenahi dan diatur sedemikian rupa agar tetap on the right track.


Ia mengungkapkan masih banyak persoalan yang harus diselesaikan terkait pelayanan pendidikan tinggi di Sumut. Dipaparkannya, dari 225 jumlah PTS di Sumut yang Akreditasi A itu tidak sampai 1 persen dan yang akreditasi B cuma 18 persen.


“Yang lebih memprihatinkan itu adalah ternyata masih banyak PTS kita di Sumut yang belum terakreditasi,” ungkapnya.


Jadi, menurut Ibnu Hajar, inilah problem sekaligus jadi tantangan pendidikan tinggi di Sumut, yakni bagaimana mengangkat performa PTS yang ada di Sumatera Utara.


Karena itu, ia mengingatkan, pada masa sekarang PT itu tidak mungkin lagi “bermain tunggal”. Artinya, bahasa sinergi dan integrasi adalah poin penting yang harus dipahami dan dilaksanakan dalam mengembangkan sebuah Perguruan Tinggi.


“Dengan segudan prestasi yang sudah diraihnya, maka UMSU sekarang sudah layak menjadi pionir, maka tularkan keberhasilan ini kepada PTS-PTS yang lain,” harapnya.

 

Kepada mahasiswa-mahasiswa baru Pascasarjana UMSU, ia menekankan tentang pentingnya memiliki karakter.

 

Mengutip pendapat Lickona, Ibnu Hajar menekankan pentingnya tiga komponen karakter yang baik (components of good character) yang diharapkan dimiliki oleh keluaran pendidikan; yaitu moral knowing atau pengetahuan tentang moral, moral feeling atau perasaan tentang mental dan moral action atau perbuatan moral.


“Hal ini diperlukan agar keluaran pendidikan itu mampu memahami, merasakan dan mengerjakan sekaligus nilia-niali kebajikan,” jelasnya

 

Sementara, Rektor UMSU Dr Agussani MAP menyampaikan selamat kepada para mahasiswa Pascasarjana UMSU yang telah menjatuhkan pilihannya untuk kuliah di Pascasarjana UMSU.
“Kami yakin pilihan saudara-saudara melanjutkan studi di UMSU tentu sudah melalui kajian yang mendalam. Kami doakan nanti selama menuntut di UMSU saudara-saudara akan menjadi mahasiswa yang unggul, cerdas dan terpercaya,” ujar Agussani.


Ia juga menjelaskan, bahwa kegiatan akademik tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pandemik Covid-19 mengharuskan kita untuk mematuhi protokol kesehatan.


“Namun kita optimis, kegiatan-kegiatan akademik yang akan kita laksanakan tidak kalah khidmatnya,” jelasnya.


Lebih lanjut Agussani menuturkan sejarah perjalanan Pascasarjana UMSU sejak berdiri tahun 2014 hingga kini sudah memiliki gedung perkuliahan yang representatif.


“Alhamdulillah sejak 4 tahun yang lalu Pascasarjana sudah memiliki gedung perkulian sendiri yang cukup representatif. Ini merupakan bagian dari komitmen kita untuk menghadirkan kualitas pelayaanan pendidikan yang terbaik, ” kata Agussani.

 

Agussani juga menjelaskan, bahwa sekarang Pascasarjana UMSU memiliki 8 (delapan) program studi yang semuanya sudah terakreditasi.

 

“Alhamdulillah salahsatunya sudah terakreditasi A, yakni prodi Ilmu Hukum,” kata Agussani.

 

Sosialisasi Akademik dan Kuliah Perdana mahasiswa baru pascasarjana dihadiri Anggota Komisi IX DPR RI Prof Dr Ir Djohar Arifn Husein. Dalam kesempatan itu dia mengatakan, bahwa kesempatan bisa kuliah pascasarjana adalah sebuah rahmat yang wajib disyukuri. Karena tidak semua orang yang memiliki peluang untuk melanjutkan kuliah pascasarjana.

 

Tampak hadir dalam kegiatan ini, mantan Ketua L2DIKTI Prof Dr Dian Armanto, WR 1 UMSU Dr Muhammad Arifin SH MHum, WR 2 Dr Akrim MPd, WR 3 Dr Rudianto MSi, Diretur Pascasarjana UMSU Dr Syaiful Bahri MAP serta seluru Ketua dan Sekretaris Prodi di lingkungan Pascasarjana UMSU.

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     148570 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     16294 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     14209 Kali dibaca   

4. 6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual

6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual     by Erry Ricardo Nurzal   Pandemi korona yang terus berlangsung telah memaksa dunia termasuk Indonesia untuk beralih dalam berkomunika


  29 Jun 2020     Vahrun     11446 Kali dibaca   

5. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     11061 Kali dibaca