Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

KEGIATAN LLDIKTI1 >> Penguatan Kelembagaan Perguruan Tinggi Melalui Dukungan Komitmen Badan Penyelenggara Tahap I
KEGIATAN PTS >> Sekda Prov Sumut Resmi Jadi Dosen UMSU
PENGUMUMAN >> Workshop Penyusunan Instrumen 9 (sembilan) Kriteria bagi Program Studi Belum Terakreditasi
KEGIATAN PTS >> Rektor UMSU Raih Penghargaan Dharma Karya Kencana
KEGIATAN PTS >> Sumbangan Alat Kesehatan Pencegahan Covid-19 Ikatan Alumni Universitas Harapan Medan
KEGIATAN PTS >> UNIVERSITAS IBBI GELAR WORKSHOP MONITORING & EVALUASI PROGRAM MAGANG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA
PENGUMUMAN >> RAKERWIL LLDikti Wilayah I Tahun 2020 dengan tema "Kampus Merdeka Tahun 2021 PTS Sumut Jaya"
PENGUMUMAN >> Permintaan Data Dosen Tetap Yayasan, Dosen PNS Dpk dan Nomor Induk Tenaga Kependidikan (NITK)
PENGUMUMAN >> Pengisian Laporan BKD Melalui Aplikasi BKD Online
PENGUMUMAN >> Perjanjian Kinerja Tahun 2020 Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Medan

Kebijakan Kampus Merdeka Bantu Hadapi Krisis Akibat Pandemi Covid-19


Kebijakan Kampus Merdeka Bantu Hadapi Krisis Akibat Pandemi Covid-19

  07 Aug 2020     Vahrun     287 Kali dibaca   



Kebijakan Kampus Merdeka Bantu Hadapi Krisis Akibat Pandemi Covid-19

 

 

Jakarta – Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim pada awal 2020 mempengaruhi pengambilan kebijakan di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Saat ini kebijakan tersebut sudah mulai diimplementasikan oleh berbagai perguruan tinggi, terutama pada masa pandemi Covid-19. Sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan tersebut, Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Silaturrahim dan Webinar Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) Se-Indonesia yang mengusung tema "Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka di Masa Pandemi"(6/8).

 

Kegiatan yang dilangsungkan secara telekonferensi tersebut dihadiri oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Mohamad Nuh; Ketua Umum Pengurus Wilayah NU Jawa Timur, Marzuki Mustamar; Ketua LPTNU Jawa Timur, serta menghadirkan Mendikbud Nadiem Makarim didampingi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Nizam, sebagai pembicara. Lebih dari seratus peserta yang terdiri dari perwakilan PTNU dan perguruan tinggi swasta di Jawa Timur hadir untuk mengikuti webinar yang membahas Kampus Merdeka tersebut.

 

Berbicara mengenai Kampus Merdeka pada masa pandemi ini, Mendikbud, Nadiem Makarim mengakui bahwa pandemi Covid-19 menjadi masa sulit dimana berdampak pada kesehatan, ekonomi, serta pendidikan. Saat ini dirinya berfokus untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa yang terdampak krisis agar pendidikannya tidak terputus. Harapannya agar mahasiswa tetap dapat menjalankan pendidikan sehingga bisa melewati masa yang sulit.

 

"Yang penting bagaimana mahasiswa tetap mendapatkan ilmu, pengalaman, dan pelatihan meski berada di luar kampusnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang juga dapat dijadikan sebagai antisipasi dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan krisis akibat Covid-19," ujar Nadiem.

 

Lebih lanjut, Dirjen Dikti, Nizam mengupas lebih dalam terkait Kampus Merdeka. Ia menjelaskan konsep pesantren yang menjadi bentuk nyata antara pendidikan dan dunia kerja. Hal ini menjadi dasar diluncurkannya kebijakan Kampus Merdeka, yakni untuk menciptakan 'link and match' antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Menurutnya, mahasiswa perlu merdeka dalam mengembangkan kompetensi sesuai dengan minatnya.

 

"Hak mahasiswa untuk belajar selama tiga semester diluar prodinya mempunyai learning outcomes sebuah kompetensi yang didapat langsung dari magang, pertukaran mahasiswa, riset, pengabdian kepada masyarakat, dan sebagainya. Hal ini yang kita akomodasi untuk ditukar dengan mata kuliah yang setara," pungkas Nizam.

 

Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, menurut Nizam, aktivitas pembelajaran di luar prodi sudah dibuktikan dengan diturunkannya 15.000 mahasiswa untuk menjadi relawan dalam membantu memberikan edukasi terkait Covid-19. Selain itu, lebih dari 1.000 inovasi diciptakan oleh perguruan tinggi guna membantu menangani pandemi.

 

Mengakhiri pemaparan materinya, Nizam berpesan untuk selalu berpikir optimis karena kondisi Indonesia saat ini membutuhkan kerja keras dari semua pihak. "Melalui semangat Kampus Merdeka diharapkan dapat membantu dalam menghadapi krisis akibat pandemi yang melanda Indonesia," tutupnya.
(YH/DZI/FH/DH/NH/ALV)

 

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     124895 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     14905 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     10746 Kali dibaca   

4. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     10031 Kali dibaca   

5. INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS SUMATERA UTARA (IT&B SU) STUDI BANDING KE UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS SUMATERA UTARA (IT&B SU)   STUDI BANDING KE UNIVERSITAS BINA NUSANTARA (Binus University)     Institut Teknologi & Bisnis Sumatera Utara (IT&B SU) merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang konsen di bid


  24 Oct 2019     Vahrun     6303 Kali dibaca