Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> Sosialisasi Pengisian Instrumen Monitoring & Evaluasi Tahun 2020 PTS LLDIKTI Wilayah I Sumut Tahap I
PENGUMUMAN >> FGD Indikator Penilaian MONEV Internal dan Seminar Hasil Skema PDP pada PTS luar kota Medan
PENGUMUMAN >> FGD Indikator Penilaian MONEV Internal dan Seminar Hasil Skema PDP pada PTS dalam kota Medan
KEGIATAN PTS >> APP-Darma Agung: Bimtek Pendampingan Desa Wisata Regional IA (Sumatera)
PENGUMUMAN >> Permintaan Data Dosen Pemilik NUP
PENGUMUMAN >> Coaching Clinic Dokumen Akreditasi BAN-PT 9 (Sembilan) Kriteria bagi Program Studi Kadaluarsa
PENGUMUMAN >> Undangan Webinar Sosialisasi NITK
PENGUMUMAN >> Penyampaian laporan kemajuan ke laman SIMLITABMAS
PENGUMUMAN >> Himbauan Unggah Statuta Perguruan Tinggi di PDDikti
PENGUMUMAN >> Permintaan Data Dosen Honorer

Ditjen Dikti Selenggarakan Penguatan KIP Sekaligus Kenalkan Rancangan Permendikbud Baru


Ditjen Dikti Selenggarakan Penguatan KIP Sekaligus Kenalkan Rancangan Permendikbud Baru

  30 Jun 2020     Vahrun     468 Kali dibaca   



Ditjen Dikti Selenggarakan Penguatan KIP Sekaligus Kenalkan Rancangan Permendikbud Baru

 

 

Jakarta – Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sudah merupakan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang KIP bagi seluruh Badan Publik (BP). Hal ini pula yang menjadi dasar bagi setiap BP untuk mengelola informasi publiknya dengan membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

 

Sebagai salah satu BP, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan penguatan pengelolaan KIP kepada PPID di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Hal ini merupakan bentuk pembinaan yang diberikan Ditjen Dikti kepada satuan kerja di lingkungannya.

 

Kegiatan Penguatan KIP kepada PTN dan LLDikti di lingkungan Ditjen Dikti diselenggarakan melalui aplikasi telekonfrensi daring (25/6). Demi memberikan penguatan terhadap pengelolaan KIP, Asisten Ahli Komisi Informasi (KI) Pusat, Siti Ajijah dihadirkan sebagai narasumber untuk menyampaikan tantangan KIP bagi PTN dan LLDikti. lebih dari 130 peserta yang terdiri dari internal Kemdikbud serta PPID dan Humas PTN maupun LLDikti hadir mengikuti kegiatan tersebut.

 

Selain memberikan penguatan dalam pengelolaan KIP, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk menyampaikan gambaran terkait Rancangan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) baru tentang Layanan Informasi Publik yang akan menggantikan peraturan sebelumnya. Rancangan Permendikbud baru ini akan menggabungkan pengelolaan KIP di Kemdikbud yang sebelumnya diatur dalam Permendikbud Nomor 16 Tahun 2017 dengan Ditjen Dikti yang pengelolaannya diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 75 Tahun 2016.

 

Koordinator Informasi dan Publikasi Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemdikbud, Anang Ristanto menjelaskan bahwa nantinya pengelolaan KIP di PTN dan LLDikti akan diberikan otonomi seluas-luasnya untuk ditetapkan oleh masing-masing PPID-nya. Meskipun demikian, untuk penetapan Daftar Informasi Dikecualikan (DIK) tetap harus mendapatkan persetujuan Kementerian.

 

“Kami mencoba menyusun Permendikbud ini agar bisa digunakan bersama dan memudahkan masyarakat mengakses informasi, oleh karena itu semua akan membentuk PPID secara mandiri,” ujarnya.

 

Sesi diskusi berlangsung menarik yang antusiasme peserta pada kegiatan ini. Tidak hanya mengajukan pertanyaan, peserta juga memberikan masukan untuk menyempurnakan Rancangan Permendikbud baru tersebut.

 

Koordinator Substansi Umum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama Ditjen Dikti Yayat Hendayana mengungkapkan bahwa Ditjen Dikti dan BKHM akan memberikan pendampingan kepada PTN dan LLDikti dalam mengawal KIP. Kedudukan Ditjen Dikti yang memiliki tugas sebagai koordinator PTN akademik dan LLDikti, selalu mendorong serta memberi penguatan bagi PPID PTN maupun LLDIKTI dalam meningkatkan pengelolaan KIP, sehingga satker di bawah Ditjen Dikti mendapat predikat BP dengan kategori Informatif dari KI Pusat. (YH/DZI/FH/DH/NH/ALV)

 

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     121265 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     14695 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     10264 Kali dibaca   

4. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     9872 Kali dibaca   

5. INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS SUMATERA UTARA (IT&B SU) STUDI BANDING KE UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS SUMATERA UTARA (IT&B SU)   STUDI BANDING KE UNIVERSITAS BINA NUSANTARA (Binus University)     Institut Teknologi & Bisnis Sumatera Utara (IT&B SU) merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang konsen di bid


  24 Oct 2019     Vahrun     5960 Kali dibaca