Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> Surat Peringatan III PDDikti 2018-2
PENGUMUMAN >> Pelaksanaan Sertifikasi Pendidik untuk Dosen Gelombang I Tahun 2020
KEGIATAN PTS >> Penandatanganan MOU STIKes RS. Haji Medan dengan RSU. Mitra Medika Medan
KEGIATAN PTS >> STIKes Mitra Husada Medan Melakukan Pembelajaran Online dengan Video Conference
KEGIATAN PTS >> Workshop Nasional Pengembangan Kurikulum Diploma III Keperawatan Berbasis E-Learning
KEGIATAN PTS >> STIKes Mitra Husada Medan melakukan Kegiatan Pembibitan Tanaman Katuk
KEGIATAN PTS >> Pelantikan Pengurus Asosoasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia Periode 2020 - 2024
KEGIATAN PTS >> Kuliah Umum STIKes Mitra Husada "Persiapan Mahasiswa Menuju Sistem Pendidikan Berbasis Outcome"
KEGIATAN PTS >> PENAMPILAN GROUP TARI AKBID BARUNA HUSADA SIBUHUAN ACARA PELANTIKAN PENGURUS DPD PPNI
KEGIATAN PTS >> STIKes Mitra Husada Medan melaksanakan Pembelajaran Daring

Menristek/Kepala BRIN Siap Bina RS Pendidikan Menjadi RS Pendidikan dan Penelitian


Menristek/Kepala BRIN Siap Bina RS Pendidikan Menjadi RS Pendidikan dan Penelitian

  10 Mar 2020     Vahrun     110 Kali dibaca   




Menristek/Kepala BRIN Siap Bina RS Pendidikan Menjadi RS Pendidikan dan Penelitian


Siaran Pers Kemenristek/BRIN
Nomor: 44/SP/HM/BKKP/III/2020


Jakarta – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menghadiri acara pembahasan peran Rumah Sakit dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Perguruan Tinggi Negeri (RS-RSGM PTN). Menristek/Kepala BRIN mengatakan bahwa kegiatan riset dan inovasi di Indonesia paling banyak terdapat di bidang kesehatan.


“Kita melihat satu aspek penting dari keberadaan rumah sakit yang berada di lingkup Perguruan Tinggi Negeri dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut yaitu fakta bahwa yang namanya kegiatan riset dan inovasi terutama risetnya yang paling banyak di Indonesia dari segi bidang itu memang adanya di bidang kesehatan. Artinya, semangat untuk melakukan kegiatan inovasi sudah menemukan tempatnya, yaitu di bidang ilmu kedokteran atau lebih generalnya ilmu kesehatan,” ungkap Menristek/Kepala BRIN.


Menteri Bambang mengatakan bahwa salah satu kesulitan dalam kegiatan riset dan inovasi di bidang kesehatan terutama fitofarmaka adalah uji klinis. Untuk melakukan uji klinis perlu mencari rumah sakit yang mau bekerja sama.


“Salah satu kesulitan dalam riset terkait obat, fitofarmaka terutama dan juga mengenai pengobatan seperti stem cell maupun yang lainnya adalah untuk mendapatkan uji klinisnya, mendapatkan rumah sakit yang mau bekerja sama untuk melakukan uji klinis terhadap obat atau treatment kesehatan tertentu,” ungkap Menteri Bambang.


Rumah sakit pendidikan dibutuhkan dalam mendukung ekosistem riset kedokteran, namun Menristek/Kepala BRIN menginginkan rumah sakit pendidikan ini menambahkan fungsi penelitian dan riset menjadi rumah sakit pendidikan dan penelitian.


“Dalam konteks riset dan teknologi dan untuk mendukung ekosistem riset kedokteran maka kami memutuskan kita butuh rumah sakit pendidikan ini tapi yang saya minta harus ada istilah riset atau penelitiannya, menjadi rumah sakit pendidikan dan riset, atau rumah sakit pendidikan dan penelitian, selain sebagai rumah sakit tempat calon dokter belajar tapi juga menjadi rumah sakit dimana riset di bidang kesehatan termasuk farmasi bisa diselenggarakan,” ungkap Menristek/Kepala BRIN.


Dalam mendukung kemajuan dan kelancaran riset di bidang kesehatan, Menteri Bambang juga mengatakan bahwa Kemenristek/BRIN siap menjadi pembina dan pengayom.


“Kami siap menjadi pembina dan pengayom tadi dengan catatan bahwa Bapak Ibu semua sebagai pengurus rumah sakit siap untuk mendukung kemajuan dan kelancaran riset di bidang kesehatan tadi,” ungkap Menteri Bambang.


Menristek/Kepala BRIN meminta agar mengubah konsep Teaching Hospital (Rumah Sakit Pendidikan) menjadi Teaching and Research Hospital (Rumah Sakit Pendidikan dan Riset).


“Yang saya minta dari Bapak Ibu sekalian marilah convert konsep teaching hospital menjadi teaching and research hospital yang diharapkan bisa menjadi yang terdepan dalam penggunaan obat, alat kesehatan, maupun semua produk kesehatan yang merupakan inovasi Indonesia,” ungkap Bambang Brodjonegoro.


Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Speed, Gedung B.J. Habibie ini turut dihadiri oleh Plt. Staf Ahli Menteri Bidang Infrastruktur, Ali Ghufron Mukti; Ketua Asosiasi Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri, Nasrodin; para rektor PTN; para dekan dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi dan Mulut PTN; serta para direktur dari seluruh Rumah Sakit dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Perguruan Tinggi Negeri.



Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristek/BRIN


Sumber : Ristekbrin

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     90767 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     13168 Kali dibaca   

3. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     5985 Kali dibaca   

4. Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018

Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018 Hari : Kamis s.d. Jumat Tanggal : 23 s.d. 24 Agustus 2018 Tempat : LePolonia Hotel & Convention Medan Download BAHAN Bahan 1 Bahan 2


  23 Aug 2018     Vahrun     4544 Kali dibaca   

5. Pemberitahuan Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018

Perihal : Pemberitahuan Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara Bersama ini kami sampaikan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidik


  28 Jan 2019     Vahrun     3730 Kali dibaca