Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> Sosialisasi Pengisian Instrumen Monitoring & Evaluasi Tahun 2020 PTS LLDIKTI Wilayah I Sumut Tahap I
PENGUMUMAN >> FGD Indikator Penilaian MONEV Internal dan Seminar Hasil Skema PDP pada PTS luar kota Medan
PENGUMUMAN >> FGD Indikator Penilaian MONEV Internal dan Seminar Hasil Skema PDP pada PTS dalam kota Medan
KEGIATAN PTS >> APP-Darma Agung: Bimtek Pendampingan Desa Wisata Regional IA (Sumatera)
PENGUMUMAN >> Permintaan Data Dosen Pemilik NUP
PENGUMUMAN >> Coaching Clinic Dokumen Akreditasi BAN-PT 9 (Sembilan) Kriteria bagi Program Studi Kadaluarsa
PENGUMUMAN >> Undangan Webinar Sosialisasi NITK
PENGUMUMAN >> Penyampaian laporan kemajuan ke laman SIMLITABMAS
PENGUMUMAN >> Himbauan Unggah Statuta Perguruan Tinggi di PDDikti
PENGUMUMAN >> Permintaan Data Dosen Honorer

Menristek/Kepala BRIN Siap Bina RS Pendidikan Menjadi RS Pendidikan dan Penelitian


Menristek/Kepala BRIN Siap Bina RS Pendidikan Menjadi RS Pendidikan dan Penelitian

  10 Mar 2020     Vahrun     256 Kali dibaca   




Menristek/Kepala BRIN Siap Bina RS Pendidikan Menjadi RS Pendidikan dan Penelitian


Siaran Pers Kemenristek/BRIN
Nomor: 44/SP/HM/BKKP/III/2020


Jakarta – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menghadiri acara pembahasan peran Rumah Sakit dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Perguruan Tinggi Negeri (RS-RSGM PTN). Menristek/Kepala BRIN mengatakan bahwa kegiatan riset dan inovasi di Indonesia paling banyak terdapat di bidang kesehatan.


“Kita melihat satu aspek penting dari keberadaan rumah sakit yang berada di lingkup Perguruan Tinggi Negeri dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut yaitu fakta bahwa yang namanya kegiatan riset dan inovasi terutama risetnya yang paling banyak di Indonesia dari segi bidang itu memang adanya di bidang kesehatan. Artinya, semangat untuk melakukan kegiatan inovasi sudah menemukan tempatnya, yaitu di bidang ilmu kedokteran atau lebih generalnya ilmu kesehatan,” ungkap Menristek/Kepala BRIN.


Menteri Bambang mengatakan bahwa salah satu kesulitan dalam kegiatan riset dan inovasi di bidang kesehatan terutama fitofarmaka adalah uji klinis. Untuk melakukan uji klinis perlu mencari rumah sakit yang mau bekerja sama.


“Salah satu kesulitan dalam riset terkait obat, fitofarmaka terutama dan juga mengenai pengobatan seperti stem cell maupun yang lainnya adalah untuk mendapatkan uji klinisnya, mendapatkan rumah sakit yang mau bekerja sama untuk melakukan uji klinis terhadap obat atau treatment kesehatan tertentu,” ungkap Menteri Bambang.


Rumah sakit pendidikan dibutuhkan dalam mendukung ekosistem riset kedokteran, namun Menristek/Kepala BRIN menginginkan rumah sakit pendidikan ini menambahkan fungsi penelitian dan riset menjadi rumah sakit pendidikan dan penelitian.


“Dalam konteks riset dan teknologi dan untuk mendukung ekosistem riset kedokteran maka kami memutuskan kita butuh rumah sakit pendidikan ini tapi yang saya minta harus ada istilah riset atau penelitiannya, menjadi rumah sakit pendidikan dan riset, atau rumah sakit pendidikan dan penelitian, selain sebagai rumah sakit tempat calon dokter belajar tapi juga menjadi rumah sakit dimana riset di bidang kesehatan termasuk farmasi bisa diselenggarakan,” ungkap Menristek/Kepala BRIN.


Dalam mendukung kemajuan dan kelancaran riset di bidang kesehatan, Menteri Bambang juga mengatakan bahwa Kemenristek/BRIN siap menjadi pembina dan pengayom.


“Kami siap menjadi pembina dan pengayom tadi dengan catatan bahwa Bapak Ibu semua sebagai pengurus rumah sakit siap untuk mendukung kemajuan dan kelancaran riset di bidang kesehatan tadi,” ungkap Menteri Bambang.


Menristek/Kepala BRIN meminta agar mengubah konsep Teaching Hospital (Rumah Sakit Pendidikan) menjadi Teaching and Research Hospital (Rumah Sakit Pendidikan dan Riset).


“Yang saya minta dari Bapak Ibu sekalian marilah convert konsep teaching hospital menjadi teaching and research hospital yang diharapkan bisa menjadi yang terdepan dalam penggunaan obat, alat kesehatan, maupun semua produk kesehatan yang merupakan inovasi Indonesia,” ungkap Bambang Brodjonegoro.


Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Speed, Gedung B.J. Habibie ini turut dihadiri oleh Plt. Staf Ahli Menteri Bidang Infrastruktur, Ali Ghufron Mukti; Ketua Asosiasi Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri, Nasrodin; para rektor PTN; para dekan dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi dan Mulut PTN; serta para direktur dari seluruh Rumah Sakit dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Perguruan Tinggi Negeri.



Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristek/BRIN


Sumber : Ristekbrin

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     121267 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     14695 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     10264 Kali dibaca   

4. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     9872 Kali dibaca   

5. INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS SUMATERA UTARA (IT&B SU) STUDI BANDING KE UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS SUMATERA UTARA (IT&B SU)   STUDI BANDING KE UNIVERSITAS BINA NUSANTARA (Binus University)     Institut Teknologi & Bisnis Sumatera Utara (IT&B SU) merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang konsen di bid


  24 Oct 2019     Vahrun     5960 Kali dibaca