Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> Surat Peringatan III PDDikti 2018-2
PENGUMUMAN >> Pelaksanaan Sertifikasi Pendidik untuk Dosen Gelombang I Tahun 2020
KEGIATAN PTS >> Penandatanganan MOU STIKes RS. Haji Medan dengan RSU. Mitra Medika Medan
KEGIATAN PTS >> STIKes Mitra Husada Medan Melakukan Pembelajaran Online dengan Video Conference
KEGIATAN PTS >> Workshop Nasional Pengembangan Kurikulum Diploma III Keperawatan Berbasis E-Learning
KEGIATAN PTS >> STIKes Mitra Husada Medan melakukan Kegiatan Pembibitan Tanaman Katuk
KEGIATAN PTS >> Pelantikan Pengurus Asosoasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia Periode 2020 - 2024
KEGIATAN PTS >> Kuliah Umum STIKes Mitra Husada "Persiapan Mahasiswa Menuju Sistem Pendidikan Berbasis Outcome"
KEGIATAN PTS >> PENAMPILAN GROUP TARI AKBID BARUNA HUSADA SIBUHUAN ACARA PELANTIKAN PENGURUS DPD PPNI
KEGIATAN PTS >> STIKes Mitra Husada Medan melaksanakan Pembelajaran Daring

Menristek/Kepala BRIN Dorong Lembaga Eijkman dan LPNK Temukan Suplemen dan Vaksin Coronavirus 2019


Menristek/Kepala BRIN Dorong Lembaga Eijkman dan LPNK Temukan Suplemen dan Vaksin Coronavirus 2019

  10 Mar 2020     Vahrun     78 Kali dibaca   




Menristek/Kepala BRIN Dorong Lembaga Eijkman dan LPNK Temukan Suplemen dan Vaksin Coronavirus 2019


Siaran Pers Kemenristek/BRIN
Nomor: 42/SP/HM/BKKP/III/2020


Jakarta – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro mendorong Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dan Lembaga Pemerintah Nonkementerian (LPNK) di lingkungan Kemenristek/BRIN untuk membuat time frame atau perencanaan waktu dalam pencegahan dan penanganan pernyakit coronavirus 2019 atau coronavirus disease 2019 (COVID-19). Suplemen penguat daya tahan pasien COVID-19 serta obat terhadap gejala dan vaksin COVID-19 ditargetkan menjadi hasil dari kerja sama riset tersebut.


“Pertama harus putuskan dulu apa yang harus dikerjakan dan bagaimana time frame (perencanaan waktunya). Maksud saya time frame itu ada yang jangka pendek, quick win yang harus segera dilakukan. Ada jangka yang mungkin lebih panjang. Misalkan obat harus melalui uji klinis, tidak mungkin waktunya cepat apalagi vaksin. Saya tidak tahu apakah vaksin bisa cepat, tergantung apakah virus COVID-19 sudah bisa diisolasi atau belum. Kita bisa fokus pada bagaimana memperkuat daya tahan tubuh, apakah dalam bentuk suplemen, apakah dalam bentuk obat bebas,” ungkap Menristek/Kepala BRIN saat Focus Group Discussion Kesiapsiagaan dan Langkah Strategis Dukungan Riset dan Inovasi dalam Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19) di Ruang Komisi I Lantai 3 Gedung BPPT II, Jakarta pada Selasa (10/3).


Menteri Bambang mengungkapkan suplemen dapat menjadi harapan bertahan hidup bagi pasien yang sudah positif terinfeksi COVID-19 sehingga riset jangka pendek dapat difokuskan untuk menemukan suplemen penguat daya tahan tubuh terhadap gejala mematikan yang ditimbulkan COVID-19.


“Apa yang bisa Kemenristek/BRIN berikan dan menurut saya salah satunya dalam jangka pendek barangkali ada suplemen yang paling tidak memperkuat daya tahan tubuh kalaupun terkena. Saya baca tadi sebelum ke sini, ada yang terinfeksi tapi kondisinya baik-baik saja karena daya tahan tubuhnya kebetulan kuat. Kita tidak bicara bahwa terinfeksi itu tidak apa-apa tapi yang paling penting kita bicara nyawa manusia. Nyawa manusia itu salah satunya kita jaga dengan memperkuat daya tahan tubuh,” ungkap Menristek/Kepala BRIN.


Setelah suplemen ditemukan, target berikutnya adalah mencari vaksin untuk pencegahan COVID-19 bagi masyarakat yang belum terinfeksi coronavirus tersebut.


“Kemudian tentunya yang tidak kalah penting sebagaimana kita di masa lalu menghadapi penyakit seperti cacar, difteri, bahkan penyakit perut zaman saya SD: kolera, disentri, segala macam solusinya adalah vaksin,” ungkap Bambang Brodjonegoro.


Menristek/Kepala BRIN mengungkapkan perlu miracle atau mukjizat saat ini untuk dapat menemukan suplemen penguat daya tahan terhadap gejala COVID-19, namun LBM Eijkman dan LPNK dalam lingkungan Kemenristek/BRIN dapat berupaya mencari keajaiban tersebut.


“Orang berharap ada miracle dan miracle itu tidak ditunggu, oh nanti datangnya tahun depan. Kalau itu bukan miracle. Itu namanya jadwal. Lebih baik kita coba tidak harus sepenuhnya miracle, tapi kita coba dengan daya upaya kita, kita ingin agar ada paling tidak solusi. Kalau sekarang kita di goa belum melihat setitik cahaya di ujung, kita belum tahu ini sudah ujungnya atau belum, paling tidak tugas kita di sini memberikan setitik cahaya tadi meskipun setitik cahaya tadi adalah suplemen yang bisa membuat daya tahan tubuh terutama orang-orang yang rentan terhadap dampak yang lebih serius dari COVID-19 ini bisa terlindungi,” ungkap Menteri Bambang.


Turut hadir dalam kesempatan ini Plt. Deputi Bidang Penguatan Inovasi Jumain Appe, Plt. Staf Ahli Bidang Infrastruktur Ali Ghufron Mukti, Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Amin Soebandrio, Ketua Dewan Riset Nasional (DRN) Bambang Setiadi, para perwakilan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Standardisasi Nasional (BSN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), serta para pejabat dan pegawai Kemenristek/BRIN.


Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristek/BRIN


Sumber : Ristekbrin

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     90765 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     13168 Kali dibaca   

3. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     5985 Kali dibaca   

4. Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018

Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018 Hari : Kamis s.d. Jumat Tanggal : 23 s.d. 24 Agustus 2018 Tempat : LePolonia Hotel & Convention Medan Download BAHAN Bahan 1 Bahan 2


  23 Aug 2018     Vahrun     4544 Kali dibaca   

5. Pemberitahuan Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018

Perihal : Pemberitahuan Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara Bersama ini kami sampaikan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidik


  28 Jan 2019     Vahrun     3730 Kali dibaca