Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> Sosialisasi Pengisian Instrumen Monitoring & Evaluasi Tahun 2020 PTS LLDIKTI Wilayah I Sumut Tahap I
PENGUMUMAN >> FGD Indikator Penilaian MONEV Internal dan Seminar Hasil Skema PDP pada PTS luar kota Medan
PENGUMUMAN >> FGD Indikator Penilaian MONEV Internal dan Seminar Hasil Skema PDP pada PTS dalam kota Medan
KEGIATAN PTS >> APP-Darma Agung: Bimtek Pendampingan Desa Wisata Regional IA (Sumatera)
PENGUMUMAN >> Permintaan Data Dosen Pemilik NUP
PENGUMUMAN >> Coaching Clinic Dokumen Akreditasi BAN-PT 9 (Sembilan) Kriteria bagi Program Studi Kadaluarsa
PENGUMUMAN >> Undangan Webinar Sosialisasi NITK
PENGUMUMAN >> Penyampaian laporan kemajuan ke laman SIMLITABMAS
PENGUMUMAN >> Himbauan Unggah Statuta Perguruan Tinggi di PDDikti
PENGUMUMAN >> Permintaan Data Dosen Honorer

Menristek Minta Ilmuwan Indonesia Pelajari Pengalaman Penerima Nobel Benard L Feringa


Menristek Minta Ilmuwan Indonesia Pelajari Pengalaman Penerima Nobel Benard L Feringa

  04 Mar 2020     Vahrun     164 Kali dibaca   




Menristek Minta Ilmuwan Indonesia Pelajari Pengalaman Penerima Nobel Benard L Feringa


Siaran Pers Kemenristek/BRIN
Nomor: 39/SP/HM/BKKP/III/2020


Jakarta – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro mengundang penerima Nobel Kimia 2016 Benard Lucas Feringa untuk memberikan kuliah umum kepada pegawai Kemenristek/BRIN, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan mahasiswa.


Dalam kesempatan ini Menristek/Kepala BRIN mengajak peneliti dan mahasiswa untuk belajar dari pengalaman kerja Bernard L.Feringa dalam meneliti dan berinovasi hingga mendapatkan hadiah nobel.


“Pengalaman Profesor Feringa dapat menyampaikan kepada kita untuk menjadi penerima nobel kita harus kompetitif dan lebih penting anda harus berkomitmen dan tekun dalam bidang riset yang anda kerjakan hingga akhirnya anda harus mendorong diri menemukan penemuan baru,” ungkap Menteri Bambang Brodjonegoro saat membuka Nobel Laureate Lecture Professor Bernard L. Feringa (Groningen University, Netherland) pada Rabu (4/3) di Auditorium Bacharuddin Jusuf Habibie Gedung II BPPT, Jakarta.


Menteri Bambang berharap ada peneliti Indonesia yang mengambil inspirasi dari pengalaman profesor dari Universitas Groningen di Belanda tersebut sehingga ada peneliti Indonesia yang dapat menjadi penerima hadiah nobel.


“Indonesia belum punya penerima hadiah nobel sampai hari ini. Kita berharap nanti sebagai bangsa kita bisa punya penerima hadiah nobel tapi tentu saja ini bukan perjalanan yang mudah. Kita harus mulai dari sekarang. Kita harus punya peta jalannya dan program khususnya untuk mendukung mimpi kita memiliki penerima hadiah nobel,” ungkap Menristek/Kepala BRIN.


Dalam kuliahnya, Bernard L Feringa yang baru dianugerahi gelar doktor honoris causa dan profesor kehormatan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) saat Dies Natalis ITB pada 2 Maret 2020 ini menyampaikan pengalaman kerjanya di industri menjadi salah satu faktor yang membuatnya mampu menciptakan banyak hak kekayaan intelektual dan paten di bidang nanoteknologi molekuler hingga ia mendapat hadiah Nobel Kimia karena kontribusinya dalam merancang dan membuat mesin atau motor molekuler.


“Setelah studi akademis, saya tidak pergi ke luar negeri untuk bekerja dalam institusi atau akademi post doktoral tapi saya malah bekerja di perusahaan. Saya keluar dari zona nyaman saya dalam universitas dan saya bekerja untuk perusahaan besar di bidang minyak dalam bagian riset. Itu pengalaman fantastis yang membuka mata saya ketika anda pindah dari akademia ke industri sampai anda belajar masalah praktis, misalnya bagaimana cara mengembangkan produk atau bagaimana mengembangkan progres baru untuk memajukan teknologi,” ungkap Penerima Hadiah Nobel Kimia Bernard L Feringa di hadapan ratusan peserta.


Dalam kesempatan ini turut hadir Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza beserta para pejabat di lingkungan Kemenristek/BRIN, para pejabat di lingkungan BPPT, para pejabat di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta, dan ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta dan sekitarnya.


Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristek/BRIN


Sumber : Ristekbrin

 

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     121277 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     14696 Kali dibaca   

3. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     10264 Kali dibaca   

4. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     9872 Kali dibaca   

5. INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS SUMATERA UTARA (IT&B SU) STUDI BANDING KE UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS SUMATERA UTARA (IT&B SU)   STUDI BANDING KE UNIVERSITAS BINA NUSANTARA (Binus University)     Institut Teknologi & Bisnis Sumatera Utara (IT&B SU) merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang konsen di bid


  24 Oct 2019     Vahrun     5961 Kali dibaca