Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

KEGIATAN PTS >> Universitas Harapan Medan tandatangani Memorandum of Understanding dengan Universiti Utara Malaysia
KEGIATAN PTS >> Universitas Al Azhar Melakukan Pelatihan Soft Skill Bersama PT. Indosat, TBK
KEGIATAN PTS >> WORKSHOP DAN KULIAH TAMU Di STIKes SENIOR MEDAN OLEH BAPAK DR.KUSNANTO,SKP.M.KES
KEGIATAN PTS >> Universitas Al Azhar Melakukan Kuliah Umum Dengan Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sumatera Utara
KEGIATAN PTS >> Siswa SMA Antusias Kunjungi Stand UISU di Pameran Pendidikan Tinggi di Ringroad City Walk
PENGUMUMAN >> Penerapan Sistem Penomoran Ijazah Nasional (PIN)
PENGUMUMAN >> Acara "Silaturahmi dan FGD" Pimpinan PT Sumut dengan Anggota DPR RI Komisi X
BERITA >> Kampus Merdeka: Pembelajaran Luar Prodi di Bawah Pengawasan Dosen
BERITA >> Perguruan Tinggi Fasilitasi Pemenuhan Masa dan Beban Belajar di Luar Prodi
PENGUMUMAN >> Data pembuatan kontrak antara LLDikti dengan PTS Penerima Pendanaan Penelitan dan Pengabdian

Kemendikbud dan Institut Teknologi Jepang KOSEN Tingkatkan Kerja Sama di Bidang Pendidikan Tinggi


Kemendikbud dan Institut Teknologi Jepang KOSEN Tingkatkan Kerja Sama di Bidang Pendidikan Tinggi

  05 Feb 2020     Vahrun     99 Kali dibaca   



Jakarta, Kemendikbud – Implementasi terhadap Program Kampus Merdeka yang belum lama diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim terus berjalan. Salah satunya melalui penjajakan kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dengan KOSEN Institute of Technology, Jepang. Perwakilan KOSEN dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia bertemu dengan tim Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Ditjen Dikti, di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa (5/2/2020).

Dalam pertemuan tersebut, KOSEN membahas tindak lanjut kerja sama yang telah terjalin sejak 2019. Menurut Professor Emeritus dari KOSEN, Matsumoto Tsutomu, kerja sama tersebut sudah berjalan cukup baik, untuk itu kerja sama akan terus ditingkatkan.

“Kerja sama itu telah terimplementasi dengan baik. Politeknik di Indonesia telah mengirimkan dosen dan mahasiswa ke berbagai program di KOSEN. Kegiatan pun berhasil, ada beberapa yang membuat karya dengan berkolaborasi bersama profesor di KOSEN,” jelas Matsumoto.

KOSEN melalui Polytechnic Education Development Project (PEDP) juga telah bekerja sama dengan banyak politenik di Indonesia dalam menyelenggarakan berbagai program pelatihan. Pelatihan yang pernah dilakukan yakni Digital Signal Processing (DSP) di bawah bimbingan Profesor Shimada Yasuyuki pada 12-16 Agustus 2019, di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Sedangkan pelatihan lain yang pernah diselenggarakan adalah Aerial Photographing and 3D Surveying by Using UAV dengan Profesor Yasuyuki Nabeshima, pada 26-30 Agustus 2019, di Politeknik Negeri Batam (Poltek Batam).

Salah satu perwakilan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Yektiningtyastuti, mengatakan bahwa kerja sama dengan pendidikan tinggi akademik semestinya dapat lebih terbuka, mulai dari kegiatan pertukaran pelajar dan pengajar di perguruan tinggi, kerja sama riset dengan fakultas teknik, dan berbagai program lainnya. “Apalagi, dengan kebijakan Merdeka Belajar, mahasiswa memiliki waktu yang lebih leluasa, yaitu dua semester untuk belajar di luar kampus,” tutur Yekti.

Kerja sama di bidang pendidikan tinggi akademik berikutnya akan diawali dengan mempelajari dan membandingkan sistem pendidikan di KOSEN dengan sistem pendidikan tinggi akademik di Indonesia. Tujuannya, agar program kerja sama yang dirancang diimplementasikan dengan baik dan menguntungkan kedua belah pihak.

KOSEN sendiri unggul dalam pendidikan keteknikan profesional dan teknik praktis yang berbasis sistem pendidikan. Sistem pembelajaran diselenggarakan terpadu selama lima tahun dengan pola umum dan khusus (spesialisasi) dan dikelola secara sistematis. Para siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (sekitar usia 15 tahun) harus melalui seleksi yang ketat untuk dapat masuk ke institut tersebut.

KOSEN juga dikenal baik di kalangan perusahaan pengembangan dan manufaktur yang menopang Jepang sebagai negara. Institut ini berada di peringkat atas dunia dalam bidang sains dan teknologi, dan dianggap mampu merespon permintaan industri yang tinggi.

Kunjungan ini menjadi sinyal baik bagi perguruan tinggi akademik di Indonesia untuk mulai menjalin kerja sama secara internasional, terutama untuk program studi dan fakultas teknik, sebagai langkah mengimplementasikan Kampus Merdeka di perguruan tinggi masing-masing. Di sisi lain, KOSEN juga akan bertemu dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi untuk menjajaki kerja sama dengan politeknik di Indonesia. (Fasha Rouf/Prani Pramudita)


FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     80454 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     12734 Kali dibaca   

3. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     5553 Kali dibaca   

4. Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018

Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018 Hari : Kamis s.d. Jumat Tanggal : 23 s.d. 24 Agustus 2018 Tempat : LePolonia Hotel & Convention Medan Download BAHAN Bahan 1 Bahan 2


  23 Aug 2018     Vahrun     4382 Kali dibaca   

5. Pemberitahuan Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018

Perihal : Pemberitahuan Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara Bersama ini kami sampaikan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidik


  28 Jan 2019     Vahrun     3455 Kali dibaca