Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> Surat Edaran Tentang Batas Waktu Kenaikan Pangkat Tahun 2020
PENGUMUMAN >> Pemberitahuan Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Karyasatya tahun 2020
PENGUMUMAN >> Pelaporan PDDikti 2018-2
BERITA >> Luncurkan Kampus Merdeka, Mendikbud: Sekarang Akreditasi Sifatnya Sukarela
BERITA >> Mendikbud: Perguruan Tinggi Harus Lebih Inovatif, Adaptif dan Lincah Menyesuaikan Kebutuhan
BERITA >> Mendikbud Luncurkan Empat Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka
KEGIATAN LLDIKTI1 >> LLDIKTI Wilayah I Gelar Evaluasi Pelaporan Data PDDIKTI Semester 20182
PENGUMUMAN >> Pemberitahuan Batas Akhir Pelaporan PDDikti
KEGIATAN PTS >> Universitas Al Azhar Gelar Pembekalan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pendanaan 2020
BERITA >> LTMPT: Aktuaria, Program Studi Baru yang Jadi Favorit Calon Mahasiswa

Peneliti Indonesia dan Malaysia Bekerja Sama Meneliti Sistem Syaraf


Peneliti Indonesia dan Malaysia Bekerja Sama Meneliti Sistem Syaraf

  13 Dec 2019     Vahrun     54 Kali dibaca   



Siaran Pers Kemenristek/BRIN
Nomor: 284/SP/HM/BKKP/XII/2019


Jakarta – Perguruan tinggi Indonesia dan Malaysia bersepakat mengadakan berkolaborasi dalam penelitian di bidang neurosains yang berfokus pada sistem syaraf. Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro berharap kolaborasi ini dapat berfokus pada pencegahan sekaligus penanganan penyakit syaraf.


“Pendekatannya mendorong riset yang sifatnya preventif, walaupun juga mendorong riset yang sifatnya menyembuhkan atau kuratif. Nanti mereka yang tentukan agendanya. tapi yang saya tekankan adalah silakan berkolaborasi,” ungkap Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro setelah membuka Indonesia Neuroscience Institute (INI) and Malaysian Society of Neurosciences (MSN) Research Collaboration di Indonesian Medical Education and Research Institute Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IMERI FKUI) pada Jumat (13/12).


Menteri Bambang Brodjonegoro berharap kolaborasi ini dapat berjalan berdasarkan target yang disepakati peneliti kedua negara agar kolaborasi ini produktif dalam menghasilkan riset baru.


“Harus jelas targetnya apa dalam waktu tertentu, supaya kolaborasi ini tidak sekadar menjadi ajang saling tahu atau cari informasi, tapi bersama mencapai sesuatu pada waktu tertentu,” harap Menristek/Kepala BRIN.


Bambang Brodjonegoro mengungkapkan kerja sama antar negara seperti ini akan menjadi fokus Kemenristek/BRIN selama lima tahun ke depan. Bambang mengungkapkan Kementeriannya akan mendukung pendanaan untuk kolaborasi yang berpotensi produktif dalam menghasilkan riset dan inovasi baru.


“Kita akan memfasilitasi kerja sama seperti ini, baik bilateral antar negara, bilateral antar institusi di lain negara maupun bilateral antar individu, antara yang domestik dan internasional, termasuk pendanaannya,”ungkap Menristek/Kepala BRIN.


Anggota Indonesia Neuroscience Institute (INI) yang turut dalam kolaborasi ini mencakup Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas YARSI, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Federation of Asian-Oceanian Neuroscience Society (FAONS), serta Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Balitbang Kemenkes).


Anggota Malaysian Society of Neurosciences (MSN) yang ikut serta dalam kolaborasi ini mencakup Universiti Sains Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Putra Malaysia, Universiti Teknologi Majlis Amanah Rakyat (MARA), dan Universiti Malaya.


Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum Anis Karuniawati, Presiden Federation of Asian-Oceanian Neuroscience Society (FAONS) Adhi Wibowo Nurhidayat, serta puluhan peneliti dari kedua negara.


Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristek/BRIN


FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow  Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     76478 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     12519 Kali dibaca   

3. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     5370 Kali dibaca   

4. Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018

Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018 Hari : Kamis s.d. Jumat Tanggal : 23 s.d. 24 Agustus 2018 Tempat : LePolonia Hotel & Convention Medan Download BAHAN Bahan 1 Bahan 2


  23 Aug 2018     Vahrun     4285 Kali dibaca   

5. Pengambilan Sertifikat Pendidik (Serdos) Tahun 2018

Pengambilan sertifikat pendidik (serdos) tahun 2018 Nama-nama yang sertifikat pendidiknya sudah ada di LLDIKTI Wilayah I, dapat diambil pada sdr. Wenny Aryan Bagian Ketenagaan LLDIKTI Wilayah I *Selengkapnya dapat dilihat dan diunduh pada file pdf


  25 Sep 2018     Vahrun     3323 Kali dibaca