Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2020
PENGUMUMAN >> Pedoman Operasional tentang Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Fungsional Pangkat Dosen
KEGIATAN PTS >> AKADEMI KEBIDANAN DARMAIS PADANGSIDIMPUAN - WORKSHOP MELALUI WEBINAR DENGAN APLIKASI ZOOM
KEGIATAN PTS >> AKADEMI KEBIDANAN DARMAIS PADANGSIDIMPUAN PEDULI SESAMA DI TENGAH PANDEMI COVID-19
KEGIATAN PTS >> AKADEMI KEBIDANAN DARMAIS PADANGSIDIMPUAN BERBAGI MASKER DALAM MENCEGAH PENULARAN COVID-19
PENGUMUMAN >> Sosialisasi Pedoman Operasional PAK Kenaikan Jabatan Akademik Tahun 2019 Bagi Lektor Kepala
PENGUMUMAN >> Sosialisasi Pedoman Operasional PAK Kenaikan Jabatan Akademik Tahun 2019 Bagi Lektor
PENGUMUMAN >> Sosialisasi Pedoman Operasional PAK Kenaikan Jabatan Akademik Tahun 2019 Bagi Asisten Ahli
PENGUMUMAN >> Sosialisasi Pedoman Operasional PAK Kenaikan Jabatan Akademik Tahun 2019 Bagi Tenaga Pengajar
PENGUMUMAN >> Undangan Sosialisasi Pengukuran dan Penetapan Tingkat Kesiapan Inovasi

Menristek/Kepala BRIN Tinjau Vaksin PT Bio Farma dan Pesawat PT Dirgantara Indonesia


Menristek/Kepala BRIN Tinjau Vaksin PT Bio Farma dan Pesawat PT Dirgantara Indonesia

  12 Dec 2019     Vahrun     97 Kali dibaca   



Siaran Pers Kemenristek/BRIN
Nomor: 283/SP/HM/BKKP/XII/2019


Bandung – Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengadakan kunjungan ke dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang rutin menghilirisasi hasil inovasi, yaitu PT Bio Farma dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang keduanya terletak di Bandung pada Kamis (12/12).


Menristek/Kepala BRIN mengawali kunjungannya dengan mengunjungi Laboratorium Center of Excellence PT Bio Farma yang mengembangkan typhoid conjugate vaccine (TCV) dan rotavirus vaccine untuk diproduksi pada 2020 dan 2021 dan akan diekspor ke negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) serta negara-negara Afrika. PT Bio Farma yang sudah mengekspor obat ke 140 negara ini diakui Menristek/Kepala BRIN terdepan dalam memproduksi dan memasarkan inovasi.


“Kami melihat bahwa Bio Farma adalah salah satu industri yang sudah secara intens melakukan hilirisasi hasil penelitian, bersama lembaga penelitian seperti LIPI dan BPPT maupun perguruan tinggi. Bio Farma sudah terlibat langsung dalam ekosistem inovasi di mana Bio Farma berfungsi sebagai pihak dunia usaha yang berupaya agar riset yang dilakukan oleh universitas dan lembaga tadi berujung pada produk yang nantinya dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkap Menristek/Kepala BRIN.


Adapun produk yang dihasilkan dari kerja sama antara Bio Farma dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) di bawah koordinasi Kemenristek/BRIN mencakup lain vaksin Erythropoietin atau EPO hasil kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), pengembangan vaksin Dengue kerja sama dengan BPPT dan Eijkman, serta HPV (Human Papilloma Virus) untuk kanker serviks hasil kerja sama dengan LIPI dan BPPT.


Menteri Bambang Brodjonegoro kemudian mengunjungi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk meninjau proses komersialisasi Pesawat N219.


“Salah satu program N219, semoga menjadi awal yang baik. Gagasan dari awal akhirnya sudah siap di komersialkan. Harapannya ada airline atau perusahaan yang bisa jadikan armadanya,” ungkap Menteri Bambang Brodjonegoro.


Inovasi lain yang juga ditinjau adalah pesawat tanpa pilot atau drone kelas medium altitude long endurance (MALE), Wulung NW01 – 100 yang dikembangkan PTDI bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Drone Wulung ini dapat dipergunakan untuk mengawasi wilayah darat dari udara tanpa memerlukan bandara.


“Bisa ditawarkan kepada militer, tetapi jika untuk militer terlalu kecil, pemasarannya bisa kepada Polri yang bisa gunakan untuk tugas keamanan. Keberadaan Wulung itu cukup pas karena tidak perlu bandara dan lain-lain,” ungkap Menristek/Kepala BRIN.


Turut hadir dalam rangkaian kunjungan ini Plt. Deputi Penguatan Inovasi Jumain Appe, Direktur Inovasi Industri Santosa Yudo Warsono, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapat Teknologi (BPPT) Hammam Riza, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi, Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir beserta para direktur, dan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Alfien Goentoro beserta para direktur.


Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristek/BRIN


FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow  Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     111591 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     14041 Kali dibaca   

3. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     8237 Kali dibaca   

4. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     7999 Kali dibaca   

5. Survey Pelaksanaan Kuliah Semasa Pandemi Covid-19

urvey Pelaksanaan Kuliah Semasa Pandemi Covid-19Insan Dikti, bantu kami untuk tahu bagaimana proses pembelajaran berlangsung selama masa pandemi ini. Sila mengisi Survey Pelaksanaan Kuliah Semasa Pandemi Covid-19 pada tautan berikut ini :http://bit.l


  04 Apr 2020     Vahrun     4880 Kali dibaca