Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

KEGIATAN PTS >> Seminar Online Kebijakan Peningkatan Karir Jabatan Akademik Dosen
BERITA >> 4 Rahasia Pembukaan Presentasi Untuk Mendapatkan Perhatian Dari Audiens Anda
KEGIATAN PTS >> Universitas Quality menggelar Seminar Online "Strategi Penulisan Buku ber ISBN"
KEGIATAN PTS >> Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan Sumbang Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
PENGUMUMAN >> Undangan Video Conference Penerapan Pembelajaran New Normal
PENGUMUMAN >> Perpanjangan Work From Home (WFH) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di LLDikti Wilayah I
PENGUMUMAN >> Masa Belajar Berdasarkan SN Dikti
PENGUMUMAN >> Permohonan Mengirimkan Tulisan terkait Pendidikan Tinggi dalam Masa dan Pasca Covid-19
PENGUMUMAN >> Kompetisi ASEAN Data Science Explorers (ADSE) 2020
PENGUMUMAN >> Klasterisasi Perguruan Tinggi Tahun 2020

UMSU - UiTM Malaysia Sepakat Kerjasama "Join Research"


UMSU - UiTM  Malaysia Sepakat Kerjasama "Join Research"

  25 Nov 2019     Vahrun     396 Kali dibaca   



UMSU - UiTM  Malaysia Sepakat Kerjasama "Join Research"


Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menjalin kerjasama dengan Univesitas Teknologi Mara  Cawang Kelantan, Malaysia dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia termasuk dalam bidang penelitian.


"UMSU dan UiTM Cawang Kelantan sepakat untuk menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian mayarakat. Khusus untuk penelitian  akan dilakukan "join research"," ungkap Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP  usai kunjungan ke Kampus UiTM Mara  Cawang Kelantan Malaysia, Minggu (23/11).


Kunjungan Rektor UMSU, Dr  Agussani, MAP ke kampus UiTM Cawang Kelantan didampingi Wakil Rektor 3, Dr Rudianto, S.Sos, MSi, Ketua Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional, dr Eka Airlangga, SPA, Dr Prawidya, Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan,  Dr Eka Nurmalasari, Sekertaris Prodi Magister Akuntansi,  Ketua Prodi Magister  Elektro, Dr Muhammad Fitra Zambak,  Kepala Biro Humas dan Protokoler, Dr Ribut Priadi, S.Sos, M.Ikom dan staf Humas, Syed Muhammad Nazib. Dalam kunjungan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara dua perguruan tinggi yang ditandatangani masing-masing oleh Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP dengan Rektor UiTM, Profesor Madya Dr H Zulkifli Bin Muhammad.


Acara penandatangananan naskah kerjasama UMSU dan UiTM diawali dengan paparan   proposal penelitian oleh Dr Prawidya,  mengambjl tema Village Fund Policy ( Program dana bantuan desa) Gagasan penelitian tentang pemanfaatan dana desa  untuk mengangkat  derajat perekonomian warga desa jadi topik penelitian bersama antara UMSU dengan UiTM . 


"Tujuannya untuk mengetahui  efektifitas program pemberian dana desa dalam mengangkat derajat masyakat , baik di Malaysia dan Indonesia" ungkap Dr Prawidya yang didaulat memberikan presentasi singkat tentang gagasan penelitian bersama.


Rektor UMSU sendiri merasa kerjasama dengan universitas di Malaysia lebih realistis untuk ditindaklanjuti dalam bentuk pengembangan program. Selain memiliki banyak kesamaan  budaya dan komunikasi, juga biaya yang dikeluarkan untuk pelaksanaan program kerjasama relatif terjangkau.


Sementara Rektor UiTM Cawang Kelantan, Prof Madya Dr, H. Zulkifli Bin Muhammad menyampaikan terima kasih atas kunjungan silaturrahim UMSU ke kampusnya. "Saya berbahagia menerima delegasi UMSU ke bumi Kelantan Tanah Sekebun Bunga. Kami di UiTMCK amat berbesar hati dengan kunjungan ini, kecil tapak tangan nyiru kami tadahkan," katanya.


Dia juga mengaku, merasa senang karena niat   berkolaborasi bersama UMSU dapat direaiisasikan.  "Saya mengambil peluang ini untuk mengucapkan tahniah di atas kejayaan mengadakan Majlis Menandatangani Memorandum persefahaman (MOU) antara UiTMCK dan UMSU," katanya.


Lebih lanjut, kolaborasi antara kedua pihak universitas diharapkan  meningkatkan jumlah kesempatan para  dosen di dalam bidang pembelajaran dan pengajaran, penyelidikan, konsultansi dan penulisan. Disamping itu aktivitas bersama mahasiswa termasuk  program kemasyarakatan.


'Saya mengharapkan kolaborasi yang mantap ini akan berterusan dengan pelbagai aktiviti yang bermanfaat di masa akan datang," katanya. Turut hadir dalam penandatanganan naskah MoU dari UiTM Cawang Kelantan, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Madya Dr H Ghazali Othman, WR Bidang, Industri,  kerjasama dan alumni, Dr Syerina Azlin Muhammad, Nasir,  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Shah Suzan Zakaria dan Kepala Kantor Urusan Internasional, Prof Madya, Dr Norhaiyati Abdul Muin.


Sebelumnya,  Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP telah menandatangani naskah kerjasama dengan pihak UniMap dalam lawatan di Malaysia. UniMap sendiri merupakan salah satu universitas terkemuka di Malaysia yang khusus mengelola pendidikan tinggi bidang teknik (enginering). Ada sejumlah perguruan tinggi  terkemuka dalam penandatanganan naskah kerjasama tersebut diantaranya dari India, China, Bangladesh.


FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow  Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     103646 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     13710 Kali dibaca   

3. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     7042 Kali dibaca   

4. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     6376 Kali dibaca   

5. Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018

Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018 Hari : Kamis s.d. Jumat Tanggal : 23 s.d. 24 Agustus 2018 Tempat : LePolonia Hotel & Convention Medan Download BAHAN Bahan 1 Bahan 2


  23 Aug 2018     Vahrun     4771 Kali dibaca