Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> Undangan Kegiatan Student English Club (SEC) Angkatan I Tahun 2020
KEGIATAN PTS >> Milad ke 63 Tahun : Kemendes Gandeng UMSU Dampingi Bumdes
BERITA >> Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan Dapat Dijadikan Media Pendampingan Psikologis dan Sosial
BERITA >> Kawal Kampus Merdeka, Kemendikbud Perkuat Tata Kelola Pendidikan Tinggi
BERITA >> Cegah Bertambah Punahnya Bahasa Daerah, Kemendikbud Lakukan Pelindungan Bahasa
BERITA >> Sesjen Kemendikbud: Kegiatan Ekstrakurikuler Harus Mempertimbangkan Keselamatan Siswa
BERITA >> Wapres Minta BPPT Memiliki Prioritas Riset dan Inovasi
PENGUMUMAN >> Undangan Acara Pertemuan Duta Besar RI Bucharest dengan Kepala LLDikti Wilayah I dan Pimpinan PTS
BERITA >> 3 Dasar Utama Desain Slide Presentasi dan 5 Ide Slide Presentasi Yang Dapat Mengesankan Audiens Anda
PENGUMUMAN >> Undangan Pelatihan Manajemen Aset

Menristekdikti Ajak Mahasiswa Cintai Film Indonesia


Menristekdikti Ajak Mahasiswa Cintai Film Indonesia

  16 Oct 2019     Vahrun     186 Kali dibaca   



Siaran Pers Kemenristekdikti
Nomor: 224/SP/HM/BKKP/X/2019


Jakarta – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengajak mahasiswa Indonesia mencintai film produksi sineas dalam negeri. Menteri Nasir mengatakan banyak film produksi sineas muda Indonesia berkualitas tinggi dan tak kalah dengan film luar negeri.


Hal tersebut disampaikan Menteri Nasir saat nonton bareng (nobar) Film Bebas bersama ratusan mahasiswa di Cinema XXI Plaza Senayan, Jakarta pada Rabu (16/10) malam. Film yang mengangkat tema persahabatan di kalangan anak sekolah ini disutradarai oleh Riri Reza.


“Film Indonesia banyak yang menarik dan berkualitas. Dengan menonton film Indonesia, artinya kita mendukung perkembangan dunia perfilman dalam negeri, mendukung lahirnya sineas dan aktor/aktris bertalenta,” tutur Menteri Nasir.


Menteri Nasir mengatakan industri perfilman dalam negeri sudah harus mulai menggunakan teknologi perfilman terbaru di era Revolusi Industri 4.0 agar dapat berkompetisi di tingkat global. Menteri Nasir berharap program studi di bidang perfilman di perguruan tinggi dapat bersinergi dengan dunia industri perfilman agar tercipta ekosistem yang baik.


Menteri Nasir berharap film Indonesia dapat menjadi pemain utama di dalam negeri, bukan menjadi film alternatif namun menjadi film pilihan utama para penikmat film nasional. Ide kreatif dari para sineas muda dan mahasiswa-mahasiswa perfilman Indonesia menjadi sangat penting agar film Indonesia menjadi tuan di rumah sendiri.


“Saya mengajak rakyat Indonesia khususnya mahasiswa untuk menonton film Indonesia, mencintai produk dalam negeri. Jadikan film Indonesia tuan di rumah sendiri, bukan menjadi tamu di rumah sendiri. Jangan sampai Indonesia hanya menjadi pasar bagi industri film luar negeri,” ungkap Menristekdikti.


Menteri Nasir berpesan kepada sineas Indonesia agar memasukkan pesan-pesan kebangsaan, persatuan, toleransi dan saling menghargai perbedaan di dalam film karya mereka. Sehingga film Indonesia juga dapat menjadi media pemersatu dan membangkitkan rasa nasionalisme.


Menteri Nasir mengungkapkan sineas Indonesia Riri Riza membuat film yang sangat berkesan, mahasiswa juga perlu hiburan dalam menuntut ilmu. Film Bebas ini memberikan pelajaran tentang artinya persahabatan sampai tua . Film ini bagus sebagai bahan pembelajaran bagaimana melihat kebebasan orang dan juga menghargai kebebasan demokrasi untuk mewujudkan persatuan.


Dalam kesempatan ini turut hadir Staf Khusus Menristekdikti Abdul Wahid Maktub, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Ismunandar, Staf Ahli Menristekdikti Bidang Infrastruktur Hari Purwanto, Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti Nada Darmiyanti , Sekretaris Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan pengembangan Kemenristekdikti Prakoso, Sutradara Riri Riza ,Produser Mira Lesmana , Sekretaris Lembaga Pendidikan Tinggi Wilayah III DKI Jakarta Samsuri , serta tamu lainnya.


Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti


Read more at Ristekdikti!



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     83629 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     12886 Kali dibaca   

3. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     5676 Kali dibaca   

4. Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018

Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018 Hari : Kamis s.d. Jumat Tanggal : 23 s.d. 24 Agustus 2018 Tempat : LePolonia Hotel & Convention Medan Download BAHAN Bahan 1 Bahan 2


  23 Aug 2018     Vahrun     4434 Kali dibaca   

5. Pemberitahuan Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018

Perihal : Pemberitahuan Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara Bersama ini kami sampaikan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidik


  28 Jan 2019     Vahrun     3551 Kali dibaca