Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

KEGIATAN PTS >> Rektor UMSU Diundang "Konvokesyen 14" UniMAP Malaysia
KEGIATAN PTS >> Universitas Asahan Mendukung Generasi Qur'ani yang melek Ilmu pengetahuan dan Teknologi
PENGUMUMAN >> Monitoring dan Evaluasi Implementasi Pendidikan Antikorupsi
KEGIATAN PTS >> LLDikti: Lulusan UMSU Paling Cemerlang
KEGIATAN PTS >> PELATIHAN BASIC TRAINING CARDIAC LIVE SUPPORT DI BATAM
KEGIATAN PTS >> UMSU-Polda Sumut Kerjasama Penguatan SDM
PENGUMUMAN >> Serah Terima Dan Uji Terap Hand Tranctor Berkonverter Kit BBM Ke BBG
KEGIATAN PTS >> Lewat Karya Ilmiah, Mahasiswa Farmasi dan Keguruan Harumkan Nama UMN Al Washliyah
KEGIATAN PTS >> SISWA-SISWI SD SANG BINTANG BELAJAR BERSAMA AGROLIFE SCIENCE UNA
PENGUMUMAN >> Penyampaian Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja

Inovasi Sistem Informasi Kemenristekdikti Dukung Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik


Inovasi Sistem Informasi Kemenristekdikti Dukung Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik

  16 Oct 2019     Vahrun     79 Kali dibaca   



Siaran Pers Kemenristekdikti
Nomor: 220/SP/HM/BKKP/X/2019


Jakarta, 16 Oktober 2019 – Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Sesjen Kemenristekdikti) selaku Koordinator dan Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Ainun Na’im menyatakan bahwa inovasi sistem informasi merupakan faktor penting pendukung pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Hal ini disampaikan dalam presentasi di hadapan Tim Penilai Monitoring dan Evaluasi (Monev) KIP di Hotel Mercure Jakarta Batavia (16/10).


“Manfaat dari Inovasi di Pelayanan Informasi Publik adalah kontrol masyarakat, dengan begitu pelaksanaan keterbukaan informasi badan publik menjadi semakin baik,” jelas Sesjen Ainun.


Sesjen Ainun menambahkan, inovasi pendukung KIP yang dilakukan PPID Kemenristekdikti telah memberikan pengaruh yang cukup signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan jumlah permohonan informasi sebanyak 100% antara tahun 2018 dan 2019, terutama setelah tersedia permohonan informasi secara online. Sesjen Kemenristekdikti juga menyampaikan bahwa strategi inovasi KIP yang Kemenristekdikti jalankan antara lain mengembangkan sistem informasi sehingga kebutuhan masyarakat akan informasi publik dapat terpenuhi.


Era keterbukaan informasi dimulai sejak pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang KIP. Dalam implementasinya, Kemenristekdikti menerbitkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 75 Tahun 2016 tentang Layanan Informasi Publik di Lingkungan Kemenristekdikti serta menunjuk PPID di tingkat Kementerian hingga ke PTN dan LLDikti. Kemenristekdikti berupaya terus meningkatkan pengelolaan informasi dan dokumentasi secara lebih baik dan efisien.


“Saat ini akses informasi publik dituntut menjadi semakin cepat, mudah, dan murah sehingga inovasi perlu terus dikembangkan. Dalam hal ini, Kemenristekdikti memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengajukan permohonan informasi melalui PPID mobile. Ini demi menjawab tantangan Era Revolusi Industri 4.0,” terang Sesjen Ainun.


Kemenristekdikti juga membuka akses pelayanan informasi publik dapat melalui tatap muka di Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu (PINTU), melalui sambungan telepon dengan Pusat Layanan (call center) 126, maupun secara online melalui email, laman PPID, serta PPID Mobile. Sementara itu, aplikasi Omni Channel digunakan untuk mengelola informasi dan engagement media sosial Kemenristekdikti.


Rangkaian kegiatan Monev KIP Tahun 2019 yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) Pusat ini dilaksanakan kepada 346 Badan Publik yang terdiri atas tujuh kategori, yaitu Kementerian, Pemerintah Provinsi, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Nonkementerian, Lembaga Nontruktural, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik. Hasil Monev KIP Badan Publik nantinya dilaporkan kepada Presiden RI dan masyarakat luas. Pada tahap sebelumnya, Kemenristekdikti telah mengisi kuesioner dan melengkapinya dengan data pendukung.


Turut hadir mendampingi Sesjen Ainun, Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik yang juga selaku PPID Kementerian, Nada Marsudi, Kepala Bagian Komunikasi Publik selaku PPID Sekretariat Jenderal, Yayat Hendayana, serta Tim PPID Kemenristekdikti.


Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi


Read more at Ristekdikti!



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     60562 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     11723 Kali dibaca   

3. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     4701 Kali dibaca   

4. Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018

Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018 Hari : Kamis s.d. Jumat Tanggal : 23 s.d. 24 Agustus 2018 Tempat : LePolonia Hotel & Convention Medan Download BAHAN Bahan 1 Bahan 2


  23 Aug 2018     Vahrun     4079 Kali dibaca   

5. Pengambilan Sertifikat Pendidik (Serdos) Tahun 2018

Pengambilan sertifikat pendidik (serdos) tahun 2018 Nama-nama yang sertifikat pendidiknya sudah ada di LLDIKTI Wilayah I, dapat diambil pada sdr. Wenny Aryan Bagian Ketenagaan LLDIKTI Wilayah I *Selengkapnya dapat dilihat dan diunduh pada file pdf


  25 Sep 2018     Vahrun     3071 Kali dibaca