Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

KEGIATAN PTS >> Rektor UMSU Diundang "Konvokesyen 14" UniMAP Malaysia
KEGIATAN PTS >> Universitas Asahan Mendukung Generasi Qur'ani yang melek Ilmu pengetahuan dan Teknologi
PENGUMUMAN >> Monitoring dan Evaluasi Implementasi Pendidikan Antikorupsi
KEGIATAN PTS >> LLDikti: Lulusan UMSU Paling Cemerlang
KEGIATAN PTS >> PELATIHAN BASIC TRAINING CARDIAC LIVE SUPPORT DI BATAM
KEGIATAN PTS >> UMSU-Polda Sumut Kerjasama Penguatan SDM
PENGUMUMAN >> Serah Terima Dan Uji Terap Hand Tranctor Berkonverter Kit BBM Ke BBG
KEGIATAN PTS >> Lewat Karya Ilmiah, Mahasiswa Farmasi dan Keguruan Harumkan Nama UMN Al Washliyah
KEGIATAN PTS >> SISWA-SISWI SD SANG BINTANG BELAJAR BERSAMA AGROLIFE SCIENCE UNA
PENGUMUMAN >> Penyampaian Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja

Menristekdikti Dorong Pesantren Lahirkan Inventor


Menristekdikti Dorong Pesantren Lahirkan Inventor

  30 Oct 2019     Vahrun     165 Kali dibaca   



Siaran Pers Kemenristekdikti
Nomor : 199/SP/HM/BKKP/IX/2019


Rembang – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan pesantren memiliki kontribusi besar dalam menyiapkan generasi muda yang cerdas spiritual, akademis maupun sosial.


Menghadapi tantangan di era industri 4.0, Menristekdikti mendorong pesantren tidak hanya menjadi pusat intelektual di bidang agama, namun pesantren juga harus mampu melahirkan inventor yang mampu menghasilkan inovasi.


“Saya berharap dari pesantren lahir generasi-generasi muda Indonesia yang tidak hanya mampu mengaji tetapi juga mampu mengkaji, yang tidak hanya berzikir tetapi juga terus berfikir, yang tidak hanya mampu mengolah jiwa tetapi juga menguasai iptek untuk mengolah data, tidak hanya lembaga pendidikan yang menghasilkan para scholars, tetapi juga akan lahir para inventor,” ujar Menristekdikti ketika memberikan Kuliah Umum di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Anwar Sarang, Rembang (28/9).


Menteri Nasir menambahkan sebagai negara dengan jumlah penduduk dengan penganut agama Islam terbesar di dunia maka Studi Islam di Indonesia hendaknya didorong menjadi rujukan studi Islam dunia. Oleh karena itu, Institusi Pendidikan Islam Indonesia harus mampu membangun ‘branding’ agar dikenal di seluruh dunia.


“Cita-cita Indonesia menjadi destinasi studi Islam dunia bukan lagi sekedar mimpi. Yang terpenting adalah bagaimana setiap lembaga mampu merumuskan ‘Institutional Branding-nya’ sehingga wajah Islam Indonesia menjadi pilihan destinasi studi Islam dunia,” ucapnya.


Di hadapan mahasiswa/i santri STAI Al-Anwar Menristekdikti menyebutkan agar memiliki rasa bangga menjadi seorang santri, karena Ia dulu juga merupakan santri di pesantren yang sama.


“Saya ini nyantri di Sarang pada tahun 1973-1978. Saya dulu tidak pernah membayangkan bahwa saya akan terpilih menjadi Rektor, apalagi menjadi Menteri seperti sekarang ini,” ucapnya.


Ketua STAI Al-Anwar KH Abdul Ghofur Maimoen mengatakan, STAI Al-Anwar ingin menyinergikan dan menginterkoneksikan ilmu-ilmu keagamaan khususnya tasawuf. Ia ingin mahasantri di STAI Al-Anwar dapat menjadi ahli-ahli tasawuf khas Indonesia.


Dalam kesempatan tersebut hadir pula Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, segenap sivitas akademika STAI Al Anwar, serta para tamu undangan lainnya.


Pada kesempatan itu Menristekdikti didampingi oleh Direktur Kemahasiswaan Didin Wahidin, Tenaga Ahli Menteri Agus Jui Purnawan.


Dwi Rizqa Ananda
Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti


Instagram @Ristekdikti
Twitter: @Kemristekdikti
Facebook: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
YouTube: Ristekdikti TV
Website : https: //ristekdikti.go.id
Google Play: G-Magz


Read more at Ristekdikti!



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     60564 Kali dibaca   

2. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     11723 Kali dibaca   

3. Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019

Hal : Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019 Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Rise


  30 Jul 2019     Vahrun     4701 Kali dibaca   

4. Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018

Workshop Beban Kerja Dosen di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Tahun 2018 Hari : Kamis s.d. Jumat Tanggal : 23 s.d. 24 Agustus 2018 Tempat : LePolonia Hotel & Convention Medan Download BAHAN Bahan 1 Bahan 2


  23 Aug 2018     Vahrun     4079 Kali dibaca   

5. Pengambilan Sertifikat Pendidik (Serdos) Tahun 2018

Pengambilan sertifikat pendidik (serdos) tahun 2018 Nama-nama yang sertifikat pendidiknya sudah ada di LLDIKTI Wilayah I, dapat diambil pada sdr. Wenny Aryan Bagian Ketenagaan LLDIKTI Wilayah I *Selengkapnya dapat dilihat dan diunduh pada file pdf


  25 Sep 2018     Vahrun     3071 Kali dibaca